Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Hadits Siswa Kelas VI DTA Al – Hikmah Mubarok Kertamukti, Ciawi, Tasikmalaya, Jawa Barat

Wahyudin, Aceng Wandi and Amalia, Anisa (2022) Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Hadits Siswa Kelas VI DTA Al – Hikmah Mubarok Kertamukti, Ciawi, Tasikmalaya, Jawa Barat. Perpustakaan. pp. 1-10.

[thumbnail of Jurnal KKN Anisa ok.pdf] Text
Jurnal KKN Anisa ok.pdf - Other

Download (603kB)

Abstract

Salah satu indikator rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Hadis di tingkat Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah ini adalah karena kurang aktifnya siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini ditambah dengan fakta bahwa proses pembelajaran yang diterapkan guru masih menerapkan paradigma lama. Yaitu sering menerapkan metode atau model pembelajaran konvensional yaitu ceramah, tanya jawab dan penugasan. Sehingga tidak menutup kemungkinan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Hadis khususnya di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliah Karangmukti, Kertamukti Ciawi Tasikmalaya rendah.
Hasil yang diperoleh dari penerapan metode jigsaw yaitu: 1) Penggunaan model pembelajaran jigsaw pada siswa kelas VI
Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliah Karangmukti, Kertamukti Ciawi Tasikmalaya dalam pembelajaran Hadis dapat meningkatkan kerjasama antar individu dan kelompok yaitu, Kerja sama siswa dalam menyampaikan materi dalam diskusi kelompok, kerja sama siswa dalam mengerjakan soal dan 2) Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas VI Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliah Karangmukti, Kertamukti Ciawi Tasikmalaya dalam pembelajaran Hadis dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran berkelompok yaitu, siswa turut serta dalam melaksanakan tugas belajarnya, siswa bertanya kepada siswa lain atau kepada guru apabila tidak memahami persoalan yang dihadapinya. Dari kenaikan kerjasama dan keaktifan siswa, dapat diperoleh hasil belajar siswa yang meningkat.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Metode Jigsaw, Peningkatan Hasil Pembelajaran

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email acengwahyudin165@gmail.com
Date Deposited: 28 May 2022 02:03
Last Modified: 28 May 2022 02:03
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/103

Actions (login required)

View Item
View Item