ETIKA BISNIS DIKALANGAN PENDAGANG DI"PASAR MANAQIB" PONDOK PESANTREN SURYALAYA

Rachim, Abdul (2015) ETIKA BISNIS DIKALANGAN PENDAGANG DI"PASAR MANAQIB" PONDOK PESANTREN SURYALAYA. Diploma thesis, Institut agama islam latifah mubarokiyah.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf - Cover Image

Download (56kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf - Other

Download (86kB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf - Published Version

Download (869kB)
[thumbnail of daftar pusaka.pdf] Text
daftar pusaka.pdf - Bibliography

Download (62kB)

Abstract

Etika bisnis merupakan studi yang dikhususkan mengenai moral yang benar dan salah. Selama ini banyak orang memahami bisnis adalah bisnis yang tujuan utamanya mencari keuntungan sebanyak-banyaknya, bahkan banyak yang menggunakan cara kotor dan tidak etis. Hukum klasik yang mengendalikan modal sekecil mungkin dan mengeruk keuntungan sebesar mungkin telah menjadikan para "pelaku bisnis" menghalalkan segala cara untuk meraih keuntungan. Hal ini tidak mengherankan jika para pelaku bisnis jarang memeperhatikan tanggungjawab sosial dan mengabaikan etika bisnis.
Dalam penelitian ini penulis bertujuan untuk mengetahui apa itu etika bisnis islam mngetahui bagaimana perilaku para pedagang dipasar manaqib tersebut apakah sudah sesuai dengan etika bisnis islam. penelitian dilakukan dilakukan dengan cara pengumpulan data dari berbagai sumber seperti buku' majalah, jurnal ataupun karya tulis lainnya lalu di dukung dengan observasi atau pengamatan langsung serta wawancara lalu kemudian menyimpulkannya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan yuridis normatif. Pendekatan yuridis normatif adalah pendekatan yang dilakukan berdasarkan bahan hukum utama dengan cara menelaah teori-teor, konsep-konsep, asas- asas hukum serta peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan penelitian ini.
Etika bisnis islam harus dimiliki oleh setiap orang muslim yang bergelut dengan dunia bisnis baik itu pedagang, karyawan, ataupun pengusaha agar usaha bisnisnya terhindar dari hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT. dari hasil penelitian penulis menemukan bahwa para pedagang mengerti bagaimana etika berjualan yang baik seperti yang dicontohkan rasululloh SAW yaitu dengan menawarkan barang dagangannya dengan jujur amanah dan sopan, sera tidak menyembunyikan barang cacat, dan apabila dititipi barang dagangan oleh pedagang ini mereka menjaganya dengan baik.
Dari uraian diatas kesimpulannya, para pedagang merupakan pedagang yang beretika bisnis islam, karean hampir semua pedagang di " pasar manaqib" sudah menerapkan sebagian besar landasan-landasan etika bisnis islam pada pelaksanaan bisnisnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Ekonomi Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email acengwahyudin165@gmail.com
Date Deposited: 06 Apr 2023 03:52
Last Modified: 06 Apr 2023 03:55
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/240

Actions (login required)

View Item
View Item