Pengaruh Mutu Pelayanan Madrasah Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik (Penelitian di Madrasah Diniyah Takmiliyah As-Shodiqin Desa Citeureup Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis).

Wahid, Muhammad Abdul (2020) Pengaruh Mutu Pelayanan Madrasah Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik (Penelitian di Madrasah Diniyah Takmiliyah As-Shodiqin Desa Citeureup Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of SKRIPSI MUHAMMAD ABDUL WAHID PAI 2020.pdf] Text
SKRIPSI MUHAMMAD ABDUL WAHID PAI 2020.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Pelayanan suatu lembaga atau institusi pendidikan merupakan modal utama dalam menjalankan aktivitasnya, salah satunya pelayanan pada Madrasah Diniyah Takmiliyah, pelayanan disini haruslah bermutu tentunya. Pelayanan yang bermutu dapat terjadi karena ada faktor penciptaan kondisi dalam suatu lembaga termasuk pendidikan, yaitu : norma dan aturan sebagai landasan, penataan sarana prasarana dan penciptaan ketahanan lembaga pendidikan. maka dengan pelayanan yang bermutu khususnya di MDT diharapkan motivasi belajar peserta didik. Peserta didik yang memiliki motivasi dalam belajar akan melakukan usaha untuk memahami topik pelajaran baik pelajaran itu menarik atau pun tidak bagi siswa tersebut. Mereka berusaha dalam belajar karena mereka yakin bahwa pemahaman yang mereka peroleh itu berharga dan bermanfaat bagi mereka. Namun kenyataannya di MDT As-Shodiqin terjadi kesenjangan dalam hal tersebut, motivasi belajar peserta didik masih kurang. Maka dari itu permasalahan yang timbul adalah apakah terdapat pengaruh positif antara mutu pelayanan madrasah dengan motivasi belajar peserta didik MDT As- Shodiqin ?.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh mutu pelayanan madrasah terhadap motivasi belajar peserta didik MDT As- Shodiqin.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 50 peserta didik dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden, pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan wawancara. Pengolahan data kuantitatif diselesaikan melalui pengolahan data deskriptif dengan korelasi rank Spearman rs.
Berdasarkan hasil pengolahan data efektifitas pengelolaan kelas mendapat nilai rata – rata hitung (x̅) sebesar 55,7, berada pada interval 54,72 - 57,96 (baik), maka mutu pelayanan MDT As-Shodiqin sudah dilaksanakan dengan baik. Motivasi belajar peserta didik mendapat nilai rata – rata hitung (x̅) 43,1 berada pada interval 39,4 – 45,1 (cukup). Maka motivasi belajar peserta didik MDT As-Shodiqin adalah cukup. Mutu pelayanan madrasah terhadap motivasi belajar peserta didik MDT As-Shodiqin mempunyai pengaruh yang positif serta signifikan dengan klasifikasi cukup, dibuktikan dengan nilai rs sebesar 0,51 berada pada interval 0,41 – 0,60, serta hasil dari perhitungan thitung dan ttabel mendapat hasil 4,1055 ≥ 2,0105 maka Ha diterima Ho ditolak. Mutu pelayanan MDT As-Shodiqin mempengaruhi motivasi belajar peserta didik MDT As-Shodiqin 26,01%, sisanya 73,99% ditentukan oleh faktor lain seperti : faktor internal (Fisik dan psikologis) dan eksternal (sosial dan non sosial)
Disarankan bagi seluruh warga MDT As-Shodiqin untuk lebih meningkatkan kualitas keamanan dengan baik, membiasakan diri merawat dan menjaga sarana prasarana yang sudah ada, saran bagi peserta didik untuk membiasakan diri memahami serta mengerti manfaat dari proses pembelajaran, dan senantiasa memperhatikan penjelasan guru.
Kata Kunci : Mutu Pelayanan Madrasah, Motivasi Belajar Peserta Didik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah/PGMI
Depositing User: Unnamed user with email acengwahyudin165@gmail.com
Date Deposited: 21 Apr 2022 05:11
Last Modified: 21 Apr 2022 05:11
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/45

Actions (login required)

View Item
View Item