SUBSTANSI KANDUNGAN AL-QUR'AN SURAT LUQMAN AYAT 13,14, 17,18, DAN 19 DALAM KURIKULUM PAI SD DAN PELAKSANAANNYA. (Studi Kasus SDN 3 Banjar Tahun 2006 - 2007 )

Suryati, Yati (2007) SUBSTANSI KANDUNGAN AL-QUR'AN SURAT LUQMAN AYAT 13,14, 17,18, DAN 19 DALAM KURIKULUM PAI SD DAN PELAKSANAANNYA. (Studi Kasus SDN 3 Banjar Tahun 2006 - 2007 ). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (42kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (86kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (846kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (109kB)

Abstract

ABSTRAKSI: Yati Suryati. Substansi Kandungan Al-Qur'an Surat Luqman Ayat 13,14, 17,18, dan 19 Dalam Kurikulum PAI SD dan Pelaksanaannya. (Studi Kasus SDN 3 Banjar Tahun 2006 - 2007 ). Al-Qur'an adalah sumber hukum Islam yang pertama dan utama dan menajadi pedoman hidup bagi umat Islam dalam menentukan hidup dan kehidupannya.. Sistem pendidikan islami dalam membentuk kepribadian muslim telah banyak sekali di uraikan dengan jelas di dalam al-Qur'an, diantaranya adalah al- Qur'an surat luqman ayat, 13, 14, 17, 18 dan 19. Ilustrasi yang dijelaskan dalam surat dan ayat tersebut adalah merupakan ajaran pokok pendidikan agama Islam. Sekolah adalah tempat kedua setelah pendidikan keluarga, keberhasilan pada bidang tersebut tergantung kepada sistem pengajaran, metode,materi dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari. Faktor utama yang mempengaruhi atau menentukan berhasilnya pengajaran pendidikan agama Islam adalah faktor guru, siswa, dan lingkungan belajar siswa dan contoh yang baik dari seluruh elemen di sekolah tersebut terutama guru pendidikan agama islamnya. dalam mengimplementasikan hasil belajarnya pada anak
didik ,baik dalam materi pengajaran keimanan, ibadah maupun akhlaq dalam kehidupan sehari-hari siswa, dan ketiga faktor itulah yang menjadi indicator keberhasilan pengajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 3 Banjar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana ilustrasi al-Qur'an surat luqman ayat, 13, 14, 17, 18 dan 19 tentang pendidikan Luqman terhadap anaknya, bila diterapkan dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam melalui proses belajar mengajar di dalam kelas, serta bagaimana pula hubungan antara al-Qur'an surat Luqman tersebut dengan keberhasilan pengjaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 3 Banjar - Kota Banjar apabila diterapkan dalam system pengajaran disekolah tersebut
Penelitian ini bertitik tolak dari pemikiran bahwa al-Qur'an surat luqman ayat 13, 14, 17, 18 dan 19 hubungannya sangat erat sekali dengan pengajaran pokok pendidikan agama Islam di sekolah tersebut. Dan kemungkinan besar akan menjadi penentu keberhasilan pengajaran pendidikan agama Islam pada siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 3 Banjar-Kota Banjar.. Dalam penelitian ini penulis mengajukan hipotesis "Semakin guru agama menggunkan teori pengajarannya berdasarkan kepada al-Qur'an surat luqman ayat 13, 14, 17, 18, dan 19 maka tingkat keberhasilan pengajaran pendidikan agama Islam di sekolah akan tercapai, dan sebaliknya semakin guru agama tidak menggunkan teori pengajaran pendidikan agama Islam sebagaimana termuat pada Al- Qur’an.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions:
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 18 Oct 2023 03:06
Last Modified: 18 Oct 2023 03:06
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/462

Actions (login required)

View Item
View Item