HUBUNGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PERILAKU SISWA (Penelitian di SD Cibuyut Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya).

Nurhayati, Titin (2007) HUBUNGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PERILAKU SISWA (Penelitian di SD Cibuyut Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (43kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (83kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (357kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (79kB)

Abstract

ABSTRAK: Titin Nurhayati. HUBUNGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PERILAKU SISWA (Penelitian di SD Cibuyut Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya). Pendidikan agama dimaksudkan untuk meningkatkan potensi spiritual dan membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia serta bertujuan untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, saling menghargai, disiplin, baik secara individu maupun kelompok. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama. Dengan Pendidikan agama dimaksudkan agar peserta didik mulai mengenal, meneladani, dan membiasakan perilaku terpuji. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Pendidikan Agama Islam dengan perilaku siswa di Sekolah Dasar Cibuyut Desa Kertamukti Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif, yaitu metode yang berupaya mengungkapkan keadaan kondisi saat sekarang dengan mempertimbangkan keadaan masa lampau. Pengumpulan data digunakan teknik observasi, komunikasi langsung dan tak langsung yaitu dengan bentuk penyebaran angket (koesioner), wawancara dan literatur. Hasil dari penelitian setelah data di analisis diperoleh median untuk variabel (X) Pendidikan Agama Islam 59,2 berada pada klasifikasi cukup efektif dan median untuk variabel (Y) Perilaku Siswa diperoleh 61,9 berada pada klasifikasi cukup baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hubungan antara Pendidikan Agama Islam dengan Perilaku Siswa menunjukkan klasifikasi tinggi dengan koefisien korelasi rs = 0,63 dengan thitung = 3,98 dan trabel = 1,71. Dalam uji signifikansi hasilnya signifikans. Derajat determinasi hubungan antara variabel (X) dengan variabel (Y) adalah: 0,632 x 100% = 39,69% menunjukan bahwa perilaku siswa sebesar 39,69% ditentukan oleh pendidikan agama Islam di sekolah dan sebesar 60,31% ditentukan oleh fasilitas lain diantaranya lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat tempat siswa tinggal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions:
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 18 Oct 2023 03:12
Last Modified: 18 Oct 2023 03:12
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/463

Actions (login required)

View Item
View Item