PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA BILANGAN (Penelitian terhadap Siswa Kelas IV di SDN 2 Sukasari Desa Sukasari Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis Tahun 2010)

Sujarot, PELIK ANTON (2010) PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA BILANGAN (Penelitian terhadap Siswa Kelas IV di SDN 2 Sukasari Desa Sukasari Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis Tahun 2010). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (43kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (99kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (278kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (106kB)

Abstract

ABSTRAK: PELIK ANTON SUJAROT. 2010. PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA BILANGAN (Penelitian terhadap Siswa Kelas IV di SDN 2 Sukasari Desa Sukasari Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis Tahun 2010). Tujuan utama dari pengajaran matematika di setiap jenjang pendidikan adalah terciptanya kemampuan siswa yang tercermin dalam berpikir kritis, logis, sistematis dan memiliki sifat objektif serta disiplin dalam mencapai hasil belajar. Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh siswa setelah melalui kegiatan belajar, sedangkan belajar merupakan suatu proses dari seseorang yang berusaha untuk memperoleh suatu bentuk perubahan ke arah yang lebih baik. Siswa yang berhasil dalam belajar adalah yang berhasil mencapai tujuan-tujuan pembelajaran atau tujuan instruksional. Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan perencanaan belajar, proses belajar dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika tentang operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat di kelas IV melalui pendekatan konstruktivisme. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Pendekatan Konstruktivisme dapat meningkatkan perencanaan, proses dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD N 2 Sukasari Desa Sukasari Kecamatan tambaksari Kabupaten Ciamis Tahun Pelajaran 2009/2010. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui lambar observasi aktivitas siswa, lembar kerja siswa, tugas individu, dan tugas kelompok. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 2 Sukasari kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis dengan jumlah seluruhnya 22 siswa. Teknik analisis data melalui 3 siklus, tahapan dalam setiap siklus yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi Dari data sebelum perbaikan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 48.64, Aktivitas belajar siswa sebesar 48.40 dan aktivitas guru sebesar 50, Pada siklus 1 nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 55.91, Aktivitas belajar siswa sebesar 55.22 dan aktivitas guru sebesar 58. Pada siklus 2 nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 65.91, Aktivitas belajar siswa sebesar 61.13 dan aktivitas guru sebesar 68. Pada siklus 3 nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 76.82, Aktivitas belajar siswa sebesar 65 dan aktivitas guru sebesar 84. Dari hasil pengolahan, analisis data dan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan perencanaan belajar, proses belajar dan hasil belajar matematika siswa tentang operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat di kelas IV SDN 2 Sukasari

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Islam
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 23 Oct 2023 02:25
Last Modified: 23 Oct 2023 02:25
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/471

Actions (login required)

View Item
View Item