IMPLEMENTASI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA TENTANG CAHAYA DAN SIFAT- SIFATNYA (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SDN 3 KERTAMANDALA KELAS V SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2013/2014)

Ruhiat, Tatang (2014) IMPLEMENTASI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA TENTANG CAHAYA DAN SIFAT- SIFATNYA (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SDN 3 KERTAMANDALA KELAS V SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2013/2014). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (41kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (112kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (573kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (68kB)

Abstract

ABSTRAK: TATANG RUHIAT. IMPLEMENTASI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA TENTANG CAHAYA DAN SIFAT- SIFATNYA (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SDN 3 KERTAMANDALA KELAS V SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2013/2014). Penilitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik di kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Kertamandala Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentang cahaya dan sifat-sifatnya. Rendahnya kemampuan peserta didik karena peserta didik kurang memahami konsep, kurang adanya perencanaan yang pembelajaran yang maksimal dan proses mengimplementasikan berbagai metode pembelajara Dari latar belakang tersebut di atas dapat diambil beberapa rumusan masalah yaitu : Bagaimanakah perencanaan, bagaimana proses pembelajaran dan bagaimana hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA tentang caha dan sifat-sifatnya di SDN 3 Kertamandala tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian peserta didik kelas V SDN 3 Kertamandala tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan kelas dengan model Spiral PTK (Adaptasi Hopkins, 1993: 48) yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus tindakan terdiri dari empat tahapan kegiatan, yaitu: 1) Perencanaan; 2) Pelaksanaan; 3) Observasi; 4) Refleksi. Instrumen yang digunakan adalah tes awal untuk mengetahui kemampuan peserta didik sebelum dilaksanakan penelitian tindakan dan lembar observasi untuk mengamati: 1) Hasil rancangan perencanaan pembelajaran; 2) Kemampuan guru dalam proses pembelajaran; 3) Aktivitas peserta didik dan guru dalam kegiatan belajar mengajar; 4) Hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mengimplementasikan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA ternyata dapat membantu guru dan peserta didik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran, serta terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA tentang cahaya dan sifat-sifatnya di Kelas V SDN 3 Kertamandala semester genap tahun Pelajaran 2013/2014. Hal ini ditandai dengan perolehan nilai rata-rata kemampuan guru dalam menyusun RPP pada siklus II berhasil mencapai angkat 78,00% dengan kategori baik. Dan kemampuan guru dalam proses pembelajaran pada siklus II mencapai angka rata-rata 76,87% dengan kategori baik, sedangkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaranpun cenderung meningkat pada siklus II menjadi 77,75%. Hasil belajar peserta didikpun pada siklus II yang mencapai 72,86 dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 100%. Dengan nilai rata-rata tersebut, KKM 65,00 yang ditetapkan tercapai oleh semua peserta didik. Berdasarkan kenyataan di atas, metode ekperimen merupakan salah satu cara alternatif yang dapat dipilih dan digunakan oleh guru sekolah dasar dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Ilmu pengetahuan Alam tentang cahaya dan sifat-sifatnya di kelas V semester genap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Islam
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 23 Oct 2023 02:33
Last Modified: 23 Oct 2023 02:33
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/472

Actions (login required)

View Item
View Item