IMPLEMENTASI METODE INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI DAUR HIDUP HEWAN DALAM MATA PELAJARAN IPA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Cigugur Kecamatan Cigugur Kabupaten Ciamis)

Sholihin, Denie (2010) IMPLEMENTASI METODE INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI DAUR HIDUP HEWAN DALAM MATA PELAJARAN IPA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Cigugur Kecamatan Cigugur Kabupaten Ciamis). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (47kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (113kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (623kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (53kB)

Abstract

ABSTRAK: DENIE. SOLIHIN. IMPLEMENTASI METODE INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI DAUR HIDUP HEWAN DALAM MATA PELAJARAN IPA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Cigugur Kecamatan Cigugur Kabupaten Ciamis). Meningkatkan mutu pendidikan adalah menjadi tanggungjawab semua pihak yang terlibat dalam pendidikan terutama bagi guru Sekolah Dasar (SD), yang merupakan ujung tombak dalam pendidikan dasar dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas yang dapat bersaing di jaman pesatnya perkembangan teknologi. Guru SD dalam setiap pembelajaran selalu menggunakan pendekatan, strategi, dan metode pembelajaran yang dapat memudahkan siswa memahami materi yang diajarkannya. Penggunaan model pembelajaran yang variatif masih sangat rendah dan guru cenderung menggunakan model konvesional pada setiap pembelajaran yang dilakukan guru. Hal ini mungkin disebabkan kurangnya penguasaan guru terhadap model-model pembelajaran yang ada, padahal penguasaan terhadap model-model pembelajaran sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan profesional guru, dan sangat sesuai dengan kurikulum berbasis kompetensi. Untuk itu guru perlu meningkatkan mutu pembelajarannya, dimulai dengan rancangan pembelajaran yang baik dengan memperhatikan tujuan, karakteristik siswa, materi yang diajarkan, dan sumber belajar yang tersedia. Oleh karena itu, masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana mengimplementasikan metode interaktif untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam materi daur hidup hewan pada mata pelajaran IPA?, dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran tentang : 1) perencanaan pembelajaran IPA dengan mengimplementasikan metode interaktif pada materi pembelajaran daur hidup hewan; 2) pelaksanaan pembelajaran IPA dengan mengimplementasikan metode interaktif pada materi daur hidup hewan; 3) hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan mengimplementasikan metode interaktif pada materi daur hidup hewan; dan 4) faktor pendukung dan penghambat pembelajaran IPA materi daur hidup hewan dalam dengan mengimplementasikan metode interaktif di kelas IV SDN 1 Cigugur. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas IV SD Negeri 1 Cigugur Kecamatan Cigugur Kabupaten Ciamis ini menunjukan bahwa: penggunaan metode interaktif dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang daur hidup hewan. Hal ini bisa dilihat dari adanya : 1) Peningkatan mutu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran; 2) Peningkatan mutu proses pembelajaran; dan 3) peningkatan hasil tes uji kompetensi dari nilai rata-rata pada siklus 1 sebesar 34,44 menjadi 74,17 pada siklus 2 serta adanya penurunan jumlah siswa yang tidak mencapai KKM; dari 44,00% menurun menjadi 6,00%. Kepada semua pihak yang terkait, khususnya kepada guru kelas IV di Sekolah Dasar, agar melakukan inovasi dalam proses pembelajaran. Khususnya OPPO A31elCSaefur Rijal (Jeko)eningkatkan pemahaman siswa tentang daur 2023/10/20 09:40menerapkan metode interaktih dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Islam
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 23 Oct 2023 03:13
Last Modified: 23 Oct 2023 03:13
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/474

Actions (login required)

View Item
View Item