PENGGUNAAN MEDIA DEKAK-DEKAK DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN

Sumiati, Ati (2010) PENGGUNAAN MEDIA DEKAK-DEKAK DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN. Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (35kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (89kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (538kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (44kB)

Abstract

ABSTRAK: ATI SUMIATI. PENGGUNAAN MEDIA DEKAK-DEKAK DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN (Penelitian Tindakan Kelas Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri 1 Ciakar Kecamatan Cijulang Kabupaten Ciamis). Salah satu pelajaran yang penting di Sekolah Dasar adalah matematika. Pelajaran ini sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, pelajaran ini perlu dipelajari dan dikuasai peserta didik secara mendalam. Itu menjadi tugas guru untuk membelajarkan matematika kepada peserta didik dengan penuh kesungguhan. Sayangnya, mata pelajaran ini termasuk mata pelajaran yang disegani oleh peserta didik, karena untuk dapat memahami materi yang terkandung di dalamnya perlu adanya kejelian dalam berpikir, ketelitian dalam pengerjaan, dan waktu yang cukup untuk mengadakan latihan-latihan, baik pada jam pelajaran maupun di luar jam pelajaran. Hal ini disebabkan karena anak sering takut terhadap matematika, mereka menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit dan rumit. Bukti bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit oleh peserta didik adalah hasil belajar matematika di berbagai sekolah, baik tingkat maupaun jenis sekolah, masih belum memuaskan. Hal ini terjadi juga di Sekolah Dasar Negeri 1 Ciakar Kecamatan Cijulang Kabupaten Ciamis. Nilai ulangan harian matematika peserta didik kelas II pada semester 1 tahun 2009-2010 berada pada kisaran 45 - 75, dengan rata-rata nilai 59,40. Padahal Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang harus dicapai pada semester 1 adalah 62. Karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian tindakan kelas tentang penggunaan alat peraga dekak-dekak dalam upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran penjumlahan di Kelas II Sekolah Dasar Negeri 1 Ciakar Kecamatan Cijulang Kabupaten Ciamis. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Matematika materi penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan alat peraga dekak-dekak di kelas II SD Negeri 1 Ciakar Kecamatan Cijulang Kabupaten Ciamis. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas II SDN 1 Ciakar Kecamatan Cijulang Kabupaten Ciamis tentang penjumlahan dengan menggunakan media dekak-dekak meningkat. Rata-rata siswa yang tuntas pada siklus 1 sebesar 68,42 % pada siklus 2 meningkat menjadi 100%. Sedangkan nilai rata-rata pada siklus 1 mencapai 59,50 sedangkan pada siklus 2 nilai rata-rata naik menjadi 78,25 Peningkatan ini terjadi karena adanya peningkatan kualitas penulisan RPP dan pelaksanaan pembelajaran di kelas. Kepada semua pihak yang terkait, agar melakukan inovasi dan pembelajaran, terutama dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penjumlahan dengan menggunakan media dekak-dekak di kelas II sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Islam
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 23 Oct 2023 03:19
Last Modified: 23 Oct 2023 03:19
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/475

Actions (login required)

View Item
View Item