PENGARUH PENGGUNAAN METODE CERAMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ (Penelitian di Kelas I MTs Negeri Banjare Ciamis).

Suryana, Suryana (2002) PENGARUH PENGGUNAAN METODE CERAMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ (Penelitian di Kelas I MTs Negeri Banjare Ciamis). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (42kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (87kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (695kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (60kB)

Abstract

ABSTRAK: SURYANA. PENGARUH PENGGUNAAN METODE CERAMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ (Penelitian di Kelas I MTs Negeri Banjare Ciamis). Proses belajar mengajar merupakan suatu interaksi edukatif antara guru dan siswa dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Dalam hal proses belajar mengajar terdapat beberapa komponen yang satu dengan yang lainnya saling melengkapi dan tidak dapat dipisahkan, diantaranya metode. Metode sebagai cara untuk menyampaikan materi pelajaran. Dalam hal ini pula guru berperan sebagai pendidik dan pengajar. Maka dalam menyampaikan materi pelajaran, guru harus menggunakan metode yang tepat dan menarik. Metode ceramah merupakan salah satu metode yang sering digunakan guru dalam mengajar dikelas. Walaupun metode tersebut masih banyak kekurangannya, akan tetapi dengan mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya dalam hal penguasaan materi dan mengkombinasikannya dengan metode yang lain, seperti tanya jawab, diskusi dan sebagainya, maka keefektifan metode ceramah tersebut dapat ditingkatkan, sehingga akhirnya prestasi belajar siswa akan meningkat, khususnya dalam Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq. Tujuan pokok penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan metode ceramah terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq di kelas | MTS Negeri Banjargay Ciamis Hipotesis yang diajukan adalah terdapat adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode ceramah dengan prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq di kelas IMTs Negeri Banjar Ciamis. Operasional penelitian ini mempergunakan metode deskriptif yaitu metode penelitian yang bertujuan pada pemecahan masalah yang ada pada masa sekarang. Untuk mempermudah penelitian ini diadakan penarikan sampel yang diambil dari sebagaian populasi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, angket dan studi dokumenter, dibantu dengan uji-t dalam pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil pengolahan data, diketahui bahwa metode ceramah mempunyai pengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq di kelas | MTS Negeri Banjar Ciamis. Kenyataan ini didasarkan atas pengolahan data dengan uji korelasi regresi linear yang menghasilkan besarnya koefisien korelasi : 0.41 (positif), karena berada pada klasifikasi CUKUP/SEDANG. diperoleh terhitung 2 tabel (3,112 1,68), Sedangkan dan hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 23 Oct 2023 04:22
Last Modified: 23 Oct 2023 04:22
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/476

Actions (login required)

View Item
View Item