MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS PUISI MELALUI METODE LATIHAN DI KELAS V SD 2 MEKARSARI

Rusli, Rusli (2010) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS PUISI MELALUI METODE LATIHAN DI KELAS V SD 2 MEKARSARI. Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of ABSTRAK1.doc] Text
ABSTRAK1.doc - Other

Download (25kB)
[thumbnail of BAB I-V.doc] Text
BAB I-V.doc - Other

Download (739kB)

Abstract

Dewasa ini sering terdengar keluhan yang memprihatinkan tentang pengajaran sastra di sekolah. Pengajaran sastra di sekolah pada saat ini dianggap kurang bermutu hasilnya. Pengajaran sastra di sekolah hanya mengajarkan bemacam teori kesastraan, tanpa siswa diberi kesempatan untuk mengapresiasi karya sastra itu sendiri.
Dengan demikian, jelaslah salah satu tuntutan dalam pembelajaran sastra adalah agar siswa tidak hanya dapat menguasai teori-teori sastra (puisi), akan tetapi lebih dari itu, siswa diharapkan dapat mengaplikasikan teori-teori yang telah dipelajarinya dengan cara menulis puisi sederhana. Kegiatan menulis puisi ini akan berdampak positif pada siswa, karena siswa akan dapat mengekspresikan kemampuannya dalam bidang sastra. Berdasarkan latar belakang di atas maka penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di kelas V SD 2 Mekarsari.
Dari hasil penelitian pada mata pelajaran Bahasa Indonesia terdapat peningkatan hasil belajar yang cukup baik. Pada siklus I terdapat 8 siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang belum mencapai nilai standar ketuntasan dan nilai rata-rata siswa hanya mencapai 62 poin. Dari latar belakang ini dan hasil diskusi dengan teman sejawat, maka peneliti melakukan perencanaan perbaikan penbelajaran siklus II.
Pada siklus II ini, perolehan nilai siswa mulai meningkat daripada siklus I. Pada siklus ini terdapat 12 siswa yang sudah mencapai nilai standar ketuntasan, rata-rata kelas mencapai 69 poin. Akan tetapi pencapaian di atas belum memuaskan peneliti. Atas dasar hasil diskusi dengan teman sejawat yang membantu peneliti dalam hal pengamatan, maka disepakati untuk melakukan tindakan perbaikan pembelajaran siklus III.
Pada siklus III ini, pencapaian nilai siswa sudah sangat memuaskan. 100% dari jumlah siswa telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan rata-rata kelas mencapai 84, peneliti merasa puas dengan hasil perbaikan belajar Siklus III ini. Dengan demikian Penelitian Tindakan Kelas ini pun di selesaikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah/PGMI
Depositing User: Unnamed user with email acengwahyudin165@gmail.com
Date Deposited: 26 Apr 2022 02:14
Last Modified: 26 Apr 2022 02:14
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/48

Actions (login required)

View Item
View Item