HUBUNGAN BIMBINGAN KEAGAMAAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian di SDN 3 Jangraga Kecamatan Padaherang Kabupaten Ciamis)

Maskur, Maskur (2005) HUBUNGAN BIMBINGAN KEAGAMAAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian di SDN 3 Jangraga Kecamatan Padaherang Kabupaten Ciamis). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (43kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (89kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (230kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (68kB)

Abstract

ABSTRAK: MASKUR. HUBUNGAN BIMBINGAN KEAGAMAAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian di SDN 3 Jangraga Kecamatan Padaherang Kabupaten Ciamis). Dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional, pendidikan Agama sangat penting oleh karena itu dimasukkan dalam kurikulum. Dalam kenyataannya Pendidikan Agama Islam di sekolah masih banyak ditemui kendala, setiap orang tua menginginkan prestasi anaknya di sekolah bagus. Sebagian orang tua mengatakan apabila bimbingan keagamaan keluarga bagus siswa akan mudah menangkap pelajaran PAI dari gurunya, dan prestasi siswa dalam bidang studi PAI di SDN 3 Jangraga Kecamatan Padaherang hasilnya bervariatif. Dari latar belakang penelitian di atas mempermasalahkan sejauhmanakah pengaruh bimbingan keagamaan keluarga terhadap prestasi siswa di SDN 3 Jangraga Kecamatan Padaherang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bimbingan keagamaan keluarga, menganalisis prestasi siswa, dan menganalisis korelasi antara bimbingan keagamaan keluarga dengan prestasi siswa dalam bidang studi PAI di SDN 3 Jangraga Kecamatan Padaherang Kabupaten Ciamis. Hipotesisnya adalah semakin baik bimbingan keagamaan keluarga semakin baik pula prestasi siswa. Sebaliknya semakin rendah bimbingan keagamaan keluarga semakin rendah pula prestasi siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif, dengan teknik penellitian observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Setelah data dikumpulkan kemudian diolah, diperiksa dan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik parametrik dengan pengukuran skala Interval. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai mean 'variabel X (bimbingan keagamaan keluarga sebesar 75,4 yaitu 83,77% pada klasifikasi sangat baik. Untuk variabel Y (prestasi belajar siswa) meannya sebesar 71,5 yaitu 89,3% berada pada klasifikasi sangat tinggi. dan nilai p sebesar 0,27 berada diantara nilai 0,21-0,40 yang menyatakan "antara variabel X dan variabel Y ada korelasi yang rendah. Artinya bimbingan keagamaan keluarga rendah berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi PAl di SDN 3 Jangraga Kecamatan Padaherang. Dan derajat determinasi pengaruhnya sebesar 7,29%, uji signifikansi atau uji hipotesisnya sebesar 2,37 sedangkan t tabel sebesar 1,70. Berarti t Hitung (2,37) >t Tabel (1,70), sehingga bimbingan keagamaan keluarga mempengaruhi prestasi siswa dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam diterima kebenarannya dan signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 25 Oct 2023 09:51
Last Modified: 25 Oct 2023 09:51
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/489

Actions (login required)

View Item
View Item