Pengaruh Metode Mengajar Terhadap Nilai Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Serba Bakti Suryalaya

Patimah, Tetin (2019) Pengaruh Metode Mengajar Terhadap Nilai Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Serba Bakti Suryalaya. Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of ABSTRAK.docx] Text
ABSTRAK.docx - Other

Download (16kB)
[thumbnail of Cover dll.docx] Text
Cover dll.docx - Cover Image

Download (407kB)
[thumbnail of BAB I SKRIPSI.docx] Text
BAB I SKRIPSI.docx - Other

Download (32kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.docx] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx - Other

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dari diperolehnya informasi bahwa metode mengajar di SMA Serba Bakti Suryalaya cenderung monoton. Akan tetapi di sisi lain, nilai siswa mengenai mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang terdapat dalam raport sangatlah bagus jika dibandingkan dengan mata pelajaran – mata pelajaran yang lain. Baik dalam aspek pengetahuan, keterampilan, maupun aspek penilaian sikap dan prilaku..
Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) untuk mengetahui metode mengajar di SMA Serba Bakti Suryalaya; 2) untuk mengetahui nilai mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Serba Bakti Suryalaya; 3) untuk mengetahui pengaruh metode mengajar terhadap nilai mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Serba Bakti Suryalaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif Deskriptif. Kemudian Untuk memudahkan data, dan informasi yang mengungkapkan dan menjelaskan permasalahan dalam penelitian ini, penulis menggunakan rumus data tunggal dengan terlebih dahulu menghitung masing – masing variabel dan di analisis menggunakan rumus rank spearman.
Berdasarkan analisis korelasi antar variabel X dan variabel Y dengan menggunakan analisis korelasi rank spearman, maka diperoleh rs = 0,61 sehingga jika dilihat dari skala penafsiran guillford 0,61 adalah tinggi.
Untuk derajat determinasi hubungan antara variabel X dengan variabel Y adalah 37%. Hal ini berarti bahwa metode mengajar mempengaruhi nilai mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Serba Bakti Suryalaya, dan sisanya 100% - 37% = 63% ditentukan oleh faktor lain selain metode mengajar. Bisa saja oleh faktor lain seperti faktor lingkungan keluarga dan masyarakat, faktor guru dan hal-hal lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa baik dari dalam sekolah maupun di luar sekolah. .
Setelah dilakukan perhitungan ternyata t hitung sebesar 4,1297 sedangkan t tabel berdasarkan taraf signifikasi (α = 0,05) dan diperoleh dalam daftar t (0,95) (25) adalah 1,708. Dengan demikian jika t hitung ≥ t tabel maka Ha diterima dan H0 ditolak.
Maka antara metode mengajar dengan nilai mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Serba Bakti Suryalaya memiliki pengaruh atau korelasi antar satu sama lain.

Kata Kunci: Metode Mengajar, Nilai, Mata Pelajaran, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email acengwahyudin165@gmail.com
Date Deposited: 26 Apr 2022 02:25
Last Modified: 26 Apr 2022 02:27
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/49

Actions (login required)

View Item
View Item