HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KETAATAN TERHADAP TATA TERTIB SEKOLAH (SDN 3 Sindangsari)

Salim, Agus (2005) HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KETAATAN TERHADAP TATA TERTIB SEKOLAH (SDN 3 Sindangsari). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (42kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (154kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (90kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (358kB)

Abstract

ABSTRAK: AGUS SALIM. HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KETAATAN TERHADAP TATA TERTIB SEKOLAH (SDN 3 Sindangsari). Pendidikan agama Islam adalah suatu usaha untuk menyiapkan anak didik dalam memahami dan mengamalkan ajaran islam dengan cara latihan dan pengajaran. Pendidikan pembentukan prilaku siswa yang baik agama islam mempunyai inti disekolah dan tidak melanggar larangan allah serta berkepribadian yang taat kepada agama 'tata tertib luhur yang semuanya akan menimbulkan kepribadian yang positif bagi siswa untuk selalu berbuat baik dalam kehidupan sehari hari pada umumnya prestasi belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama islam baik akan tetapi masih banyak siwa yang yang melakukan pelanggaran tata tertib sekolah hal ini yang mendorong poenulis untuk meneliti lebih lanjut. Penelitian bertujuan untuk menganalisis prestasi belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama Islam, ketaatan siswa terhadap tata tertib sekolah di SD N 3 Sindangsari dan menganalisis hubungan antara prestasi belajar siswa dengan ketaatan tata tertib sekolah. Prestasi belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama islam yang meliputi prestasi kognitif, afektif dan psikomotorik dan ketaatan terhadap tata tertib sekolah yang meliputi kehadiran siswa, mengikuti kegiatan belajar mengajar, dan menjaga kebersihan sekolah. Hipotesis penelitian yang diajukan oleh peneliti adalah semakin tinggi prestasi belajar siswa maka semakin tinggi pula kepatuhan siswa dalam melaksanakan tata tertib di SDN 3 Sindangsari dan sebaliknya semakin rendah prestasi belajar siswa maka rendah pula ketaatan siswa dalam melaksanakan tata tertib disekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode derskriptif yaitu metode penelitian yang berupaya untuk mengungkap kan keadaan atau kondisi yang terjadi sekarang dengan mempertimbangkan keadaan masa lampau. Secara sistematis faktual dan akurat dengan teknik non tes melalui observasi, Intervieu dan angket kuisioner kepada 32 responden.
1. Prestasi belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SDN 3 Sindangsari sangat tinggi, hal ini terbukti dari perhitungan statistika parametrik. Sebagai variabel (X) dengan nilai tertinggi 90 terendah 63 dan mean 77,96. keseluruhan mencapai kualifikasi sangat tinggi (77,96/90 x 100% = 86,62). Setelah dilakukan uji normalitas normal, dan secara statistik prestasi belajar siswa sebagai variabel (X) = 53,64.
2. Ketaatan siswa terhadap tata tertib sekolah dalam kehidupan sehari-hari baik dengan indikator-indikatornya dengan nilai tertinggi 95, terendah 66 dan mean 85,34 keseluruhannya mencapai kualifikasi sangat tinggi (mean 85.34/95 x 100% = 89,83).
3. Korelasi antara prestasi belajar siswa dengan ketaatan siswa terhadap tata tertib sekolah di SDN 3 Sindangsari sangat signifikan, hal ini terbukti setelah dilakukan perhitungan variabel X dan variabel Y dan setelah dimasukkan ke dalam persamaan regresiƶ = a + bx adalah menunjukkan dari 32 responden mengalami peningkatan rata-rata pada prestasi belajar siswa sebesar 66,75 (tinggi) dan hasil perhitungan korelasi antara variabel X dan Variabel Y adalah 0,43. (cukup sedang) yang berarti meningkatnya prestasi belajar siswa meningkatkan pula ketaatan siswa terhadap tata tertib sekolah.
Kemudian perhitungan derajat determinasi/nilai prosentasi tingkat hubungan antara prestasi belajar dengan ketaatan siswa terhadap tata tertib sekolah adalah 0,432 x 100% == 18,49 yang berarti ketaatan terhadap tata tertib sekolah ditentukan oleh prestasi belajar siswa sebesar 18,49% dan faktor lain yang mempengaruhi ketaatan terhadap tata tertib sekolah sebesar 81,51%. Selanjutnya setelan ailakukan uji hipotesis (t) hasilnya thitung 2,60 > tTabel 1,70 sehingga hipotesis diterima yang berarti hubungan antara prestasi belajar siswa dengan ketaatan siswa terhadap tata tertib sekolah sangat signifikan. Yang berarti pula prestasi belajar mempengaruhi ketaatan siswa terhadap tata tertib sekolah dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:05
Last Modified: 26 Oct 2023 02:05
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/492

Actions (login required)

View Item
View Item