PENGARUH BIMBINGAN KEAGAMAAN DALAM KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian Pada SDN 2 Cimanggu)

Ubad, Ubad (2003) PENGARUH BIMBINGAN KEAGAMAAN DALAM KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian Pada SDN 2 Cimanggu). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (38kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (76kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (210kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (76kB)

Abstract

ABSTRAK. UBAD: PENGARUH BIMBINGAN KEAGAMAAN DALAM KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian Pada SDN 2 Cimanggu). Keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama yang meletakkan dasar pen- didikan permulaan bagi pertumbuhan dan perkembangan pribadi anak, dalam hal ini anaknya dalam belajar tidak memaksa anak dalam belajar, yang lebih penting ialah orang tua terlibat langsung mendidik anaknya. Tugas orang tua dalam mendidik menciptakan suasana bimbingan dan situasi dalam belajar di dalam lingkungan ke- luarga yang kiranya dapat menimbulkan dan dirasakan sebagai undangan bagi anak suasana untuk belajar. Dalam pada itu kepada anak hendaknya terlebih dahulu diperkenalkan belajar. Maka diharapkan bimbingan keagamaan dalam keluarga dapat men- ciptakan kondisi anak untuk belajar. Penelitian ini bertolak dari suatu kenyataan, bahwa keluarga mempunyai pera- nan penting bagi perkembangan psikologis anak, termasuk prestasi belajarnya. Ter- tarik atas kedua hal tersebut, yaitu bimbingan keagamaan dalam keluarga dan prestasi belajar, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran ten- tang pengaruh bimbingan keagamaan dalam keluarga terhadap prestasi belajar Siswa SDN 2 Cimanggu pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam. Sehingga dapat diketahui besar nilai koefisien antara bimbingan keagamaan dalam keluarga terhadap prestasi belajar siswa di sekolah dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif, sedangkan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu teknik observasi, angket dan wawancara Untuk data selanjutnya adalah dokumentasi dan hasil test semester pertama yang ada pada guru mata pelajaran PAI pada tahun pelajaran 2002/2003. kemudian untuk menganalisis data tersebut penulis menggunakan pendekatan statistik, terutama korelasi sederhana. Dari hasil perhitungan dapat diketahui, bahwa terdapat pengaruh yang positif signifikan dengan korelasi rendah antara bimbingan keagamaan dalam keluarga de- ngan prestasi belajar Siswa SDN 2 Cimanggu pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam. Hal ini dapat dibuktikan dengan harga korelasi sebesar 0,27. dikatakan Korelasi rendah, karena skor 0,27 terletak antara 0,21-0,40 yang berarti korelasi rendah. Untuk pengujian hipotesis didapatkan t hitung 2,37> t table 1,69.Ini berarti hipo tesis alternatif yang diajukan terbukti dan dapat diterima, dan hipotesis nol ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 27 Oct 2023 03:34
Last Modified: 27 Oct 2023 03:34
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/500

Actions (login required)

View Item
View Item