PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI PONDOK PESANTREN MODERN AL-IKHLASH CIAWILOR KUNINGAN TAHUN PELAJARAN 2004/2005

Apandi, Apandi (2005) PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI PONDOK PESANTREN MODERN AL-IKHLASH CIAWILOR KUNINGAN TAHUN PELAJARAN 2004/2005. Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (50kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (63kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (264kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (69kB)

Abstract

ABSTRAKSI. KH. APANDI, BA: Telah dilakukan penelitian mengenai "PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI PONDOK PESANTREN MODERN AL-IKHLASH CIAWILOR KUNINGAN TAHUN PELAJARAN 2004/2005". Dengan memahami pengaruh kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar, dapat dijadikan salah satu informasi dalam mencapai tujuan pendidikan, kemudian manfaat dari penelitian tersebut dapat memberikan masukan kepada guru tentang cara terbaik bagaimana menanamkan kedisiplinan dalam kegiatan belajar mengajar dan dapat pula digunakan sebagai bahan masukan untuk memotivasi disiplin belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran fiqih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode comparative study (studi komparatif), sedangkan metode pengambilan sampel adalah diambil secara acak dari populasi siswa Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash Ciawilor Kuningan, sebanyak 176 orang. Metode pengolahan data menggunakan uji koefisien korelasi diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,94, dengan derajat pengaruh 88,36%. Artinya bahwa kedisiplinan siswa memberikan pengaruh sebesar 88,36% terhadap keberhasilan belajar siswa, dan 11,64% dipengaruhi oleh faktor lain. Terdapat beberapa alasan utama mengenai pembahasan ini, salah satu diantaranya adalah bahwa keberhasilan belajar siswa diperlukan suasana belajar mengajar yang aman, nyaman dan tertib yang kesemuanya harus dijaga dan dipelihara dengan baik dan terus menerus. Oleh karena itu maka setiap sekolah, setiap lembaga pendidikan harus memiliki peraturan berupa tata tertib yang wajib ditaati secara bersungguh- sungguh dan bertanggung jawab. Jadi dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan siswa berpengaruh besar terhadap prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 27 Oct 2023 08:16
Last Modified: 27 Oct 2023 08:18
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/503

Actions (login required)

View Item
View Item