PERAN MADRASAH DINIYAH NURUL HUDA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian terhadap Siswa Kelas VI di SD Negeri Situmandala 6 Desa Situmandala Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis Tahun 2003)

Kusnawan K, Kusnawan K (2003) PERAN MADRASAH DINIYAH NURUL HUDA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian terhadap Siswa Kelas VI di SD Negeri Situmandala 6 Desa Situmandala Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis Tahun 2003). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (49kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (77kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (238kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (87kB)

Abstract

ABSTRAK. K. Kusnawan : PERAN MADRASAH DINIYAH NURUL HUDA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian terhadap Siswa Kelas VI di SD Negeri Situmandala 6 Desa Situmandala Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis Tahun 2003). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Madrasah Diniyah Nurul Huda, prestasi belajar siswa kelas VI dalam bidang studi pendidikan agama Islam di SD Negeri Situmandala 6, dan untuk mengetahui peran Madrasah Diniyah Nurul Huda dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI di SD Negeri Situmandala 6 dalam bidang studi pendidikan agama Islam. Penelitian ini pada dasarnya bertolak dari kajian teoretis yang menyatakan bahwa prestasi belajar siswa kelas VI dalam bidang studi pendidikan agama Islam di SD Negeri Situmandala 6 salah satunya dipengaruhi oleh peran Madrasah Diniyah Nurul Huda. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu "Semakin tinggi peran Madrasah Diniyah Nurul Huda, maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa kelas VI dalam bidang studi pendidikan agama Islam". Secara umum, berlangsungnya penelitian ini berdasarkan atas prinsip metode deskriptif. Metode deskriptif dianggap paling relevan untuk menggali, mengungkapkan serta menganalisis fenomena empirik yang terjadi pada masa sekarang. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara dan angket. Data kedua variabel dalam penelitian ini dihimpun dengan skala pengukuran interval. Analisis datanya yaitu analisis korelasional dengan menggunakan statistik parametrik. Dikarenakan data atau sampel penelitian variabel X dan variabel Y berdistribusi normal, maka koefisien korelasinya menggunakan koefisien korelasi sederhana dan regresinya berbentuk linear. Hasil pengolahan data untuk variabel X adalah 92,01 %. Hal ini menunjukkan bahwa peran Madrasah Diniyah Nurul Huda sangat tinggi, karena terletak pada interval antara 81% - 100%. Sedangkan hasil pengolahan data untuk variabel Y adalah 87,70. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa kelas VI dalam bidang studi pendidikan agama Islam di SD Negeri Situmandala 6 sangat tinggi. Pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah 0,67. Sedangkan 55,11 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, baik faktor internal (faktor yang berasal dari dalam diri siswa) maupun eksternal (faktor yang berasal dari luar diri siswa). Berdasarkan hasil uji signifikansi atau uji hipotesis menunjukkan bahwa t hitung diperoleh = 4,86 sedangkan untuk t tabel pada tarap signifikansi ∞ = 0,05 dengan (dk = 18-2=16), diperoleh dalam t tabel (0,95/16)= 1,75 (t hitung > t tabel = OPPO A31. Saefur Rijal (Jeko) 275) ada taraf signifikansi ∞ = 0,05 sehingga H, diterima dan H, ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 01 Nov 2023 05:17
Last Modified: 01 Nov 2023 05:17
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/526

Actions (login required)

View Item
View Item