Muklis, Muhtarudin (2010) Hubungan Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Deangan Tingkat Kenakalan Siswa (Penelitian di MI Al-Ikhlash Ciawilor). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.
Skripsi Muhtar.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (553kB)
Abstract
Pendidikan Islam mula-mula diberikan di lingkungan keluarga, karena keluarga adalah benteng utama trmpat anak diasuh dan dibesarkan serta merupakan lingkungan pertama bagi anak-anak untuk memperoleh pendidikan. Segala kelakuan dan tindakan orang-orang dewasa dalam keluarga sangat berpengaruh terhadap perkembangan pribadi anak itu sendiri. Pendidikan Islam ini selanjutnya diberikan di lingkungan, sehingga kehidupan beragama yang telah dibina dalam keluarga akan terus menerus berkesinambungan. Berhubungan dengan itu, pendidikan agama yang diberikan keluarga pada siwa MI Al-Ikhlash telah Nampak baik. Orang tua tidak hanya mengandalkan pihak sekolah dalam memberikan pendidikan agama untuk anak, tapi mereka ikut andil untuk mendidik anak khususunya saat di rumah. Seyogyanya pendidikan ini berdampak pada positifnya prilaku anak dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang pedidikan agama Islam yang diperoleh siswa dalam keluaraga, tingkat kenakalan siswa dan hubungan pendidikan agama Islam dalam keluarga dengan tingkat kenakalan siswa.
Teknik penelitian yang dugunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian korelatif, dengan metode penelitian observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan penyebaran angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dan VI MI Al-Ikhlash Ciawilor. Teknis analisa data yang digunakan adalah analisa data dengan cara logika dan korelasi, data yang bersifat kualitatif dianalisa dengan penafsiran logika, sedangkan data yang bersifat kuantitatif dianalisa dengan menggunakan rumus korelasi.
Berdasarkan hasil perhitungan dua variable (pendidikan agama islam dalam keluarga sebagai variable X dan tingkat kenakalan siswa sebagai variable Y ) menunjukan nilai 0,56. Itu bisa dikategorikan sebagai hubungan yang sangat efektif cukup, pada signifikan 5% diperoleh 2,66 dengan t hitung 5,33 dan t table = 2,66 atau t hitung > t table. Maka daapat disimpulkan bahwa terdapan hubungan antara pendidikan agama islam dalam keluarga dengan tingkat kenakalan siswa di MI Al-Ikhlash Ciawilor.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email acengwahyudin165@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 06:14 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 06:14 |
URI: | http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/542 |