Pengaruh Pembiasaan Shalat Berjamaah Di Sekolah Terhadap Perilaku Disiplin Siswa (Penelitian di MI Karangpari Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis).

Cahyati, Tintin (2010) Pengaruh Pembiasaan Shalat Berjamaah Di Sekolah Terhadap Perilaku Disiplin Siswa (Penelitian di MI Karangpari Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of Skripsi Jadi.pdf] Text
Skripsi Jadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)

Abstract

Perilaku disiplin peserta didik tidak terlepas dari materi pelajaran Fiqih. Karena materi Fiqih ini mengajarkan tentang amalan yang dilakukan setiap hari dalam kehidupan. Salah satu amalan tersebut yaitu Shalat Berjamaah.
Masalah dalam penelitian ini adalah sejauh mana perilaku disiplin siswa dipengaruhi oleh pembiasaan shalat berjamaah di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui disiplin waktu shalat, kebiasaan shalat berjamaah dan untuk mengetahui kadar pengaruh pembiasaan shalat berjamaah di sekolah terhadap perilaku disiplin siswa.
Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa shalat berjamaah merupakan salah satu faktor yang memberikan pengaruh pada perilaku disiplin siswa. Hasil dari proses tersebut akan memberikan pengaruh pada peningkatan disiplin siswa. Dari pemikiran tersebut, maka diajukan hipotesis jika pembiasaan shalat berjamaah di sekolah tinggi, maka perilaku disiplin siswa akan meningkat, begitu juga sebaliknya. Metode yang dilakukan untuk penelitian ini adalah Deskriptif. Untuk memperoleh data tersebut, penulis menggunakan teknik Observasi, Dokumentasi, Angket, Wawancara dan Studi Kepustakaan. Teknik angket dijadikan dasar analisis lebih lanjut. Angket tersebut disebarkan kepada peserta didik di MI Karangpari.
Dari hasil pengolahan data dengan menggunakan rumus-rumus statistik diketahui bahwa pembiasaan shalat berjamaah (x) berada pada klasifikasi 71,8 % dan termasuk kategori tinggi. Sedangkan perilaku disiplin siswa (y) berada pada klasifikasi 71,8 % dan termasuk kategori tinggi pula. Adapun hubungan antar kedua variabel tersebut mempunyai hubungan yang signifikan, terbukti dari hubungan korelasi sebesar 0,49. Sementara itu pengaruh variabel x terhadap variabel y mempunyai 24,01 %. Artinya masih ada 75,99 % lagi faktor lain yang memberikan pengaruh pada perilaku disiplin siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email acengwahyudin165@gmail.com
Date Deposited: 20 Nov 2023 04:47
Last Modified: 20 Nov 2023 04:47
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/559

Actions (login required)

View Item
View Item