Korelasi Antara Motivasi Peserta Didik Dengan Presta Belajar Dalam Mata Pelajaran Qur'an Hadits (Penelitian di Kelas VIII MTs. Al-Huda Sukajadi Pamarican)

Suarsih, Sri (2009) Korelasi Antara Motivasi Peserta Didik Dengan Presta Belajar Dalam Mata Pelajaran Qur'an Hadits (Penelitian di Kelas VIII MTs. Al-Huda Sukajadi Pamarican). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (45kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (58kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (357kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (53kB)

Abstract

ABSTRAK: Sri Suarsih, 2009: Korelasi Antara Motivasi Peserta Didik Dengan Presta Belajar Dalam Mata Pelajaran Qur'an Hadits (Penelitian di Kelas VIII MTs. Al-Huda Sukajadi Pamarican). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar peserta didik dengan prestasi belajar dalam mata pelajaran Qur'an Hadits di kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Desa Sukajadi Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis. Jumlah anggota populasi sebanyak 151 orang, jumlah responden diambil sebanyak 30 (20% dari populasi) diambil secara acak sederhana.
Data yang digunakan adalah data primer dari hasil wawancara pada responden dengan menggunakan daftar kuesioner (angket) serta data sekunder hasil studi literatur dan dari dokumen lembaga terkait.Hasil penelitian menunjukkan bahwa realitas motivasi belajar peserta didik terhadap mata pelajaran Qur'an Hadis berada pada klasifikasi sangat tinggi. Hal ini terlihat dari letak rataan/mean berada pada 85,74%. Dan nilai ô sebesar 0,50 (antara 0,41 - 0,60) yang menyatakan antara variabel X dan variabel Y ada korelasi yang cukup/sedang. Artinya hubungan motivasi peserta didik terhadap prestasi belajar dalam mata pelajaran Qur'an Hadits di MTs. Al-Huda Sukajadi Kecamatan Pamarican adalah cukup/sedang, dan derajat determinasi pengaruhnya sebesar 25%. Setelah dilakukan uji hipotesis hasilnya 3,05 sedangkan tabel sebesar 1,70 berarti thitung≥ttabel = 3,05≥ 1,70 sehingga hipotesis diterima. Hal ini berarti motivasi peserta didik mempengaruhi prestasi belajar diterima kebenarannya dan signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 11 Dec 2023 03:55
Last Modified: 11 Dec 2023 03:55
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/592

Actions (login required)

View Item
View Item