Pengaruh Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah (Penelitian di MTs. Cileungsir Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis)

Hasan, Ade (2002) Pengaruh Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah (Penelitian di MTs. Cileungsir Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (46kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (229kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (646kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (104kB)

Abstract

ADE HASAN: Pengaruh Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah (Penelitian di MTs. Cileungsir Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis). Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya faktor yang ada pada diri siswa itu sendiri. Salah satu faktor intern adalah motivasi belajar dengan gejala-gejala motof, usaha, saat memilih motif, keputusan dan perbuatan berdasarkan motif. Permasalahan yang timbul adalah apakah motivasi belajar mempengaruhi prestasi belajar siswa ? Bagaimana korelasinya jika ada. Motivasi merupakan gejala psikologis yang dapat melahirkan aktivitas- aktivitas tertentu guna mencapai suatu tujuan. Motif dalam diri manusia ingin mencapai incentif atau tujuan dalam segala asfek kehidupan termasuk kegiatan siswa dalam belajar. Karena motif melahirkan aktivitas belajar, maka dapat dikatakan diantara sekian motif yang ada dalam diri siswa, salah satunya adalah motif untuk belajar. Tujuan penelitian ini selain untuk menganalisis motivasi belaajar siswa dan prestasi belajarnya juga untuk mengetahui sejauh mana pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajarnya dalam mata pelajaran Fiqih pada catur wulan II. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan angket.
Motivasi belajar siswa berada pada klasifikasi sangat tinggi, dengan nilai mean 80,65. demikian halnya prestasi belajar siswa, dengan mean 81,76 dalam skala penafsiran berada pada klasifikasi sangat tinggi. Sedangkan untuk mencari korelasinya bertolak dari hipotesis yang diajukan " Semakin kuat motivasi belajar siswa maka semakin tinggi prestasi belajarnya " Hasil penelitian menunjukan bahwa antara variabel X (motivasi belajar) dengan variabel Y ( prestasi belajar) terdapat hubungan positif. Harga t pada taraf signifikansi 0,05 dan derajat kebebasan 69 didapat dalam daftar tabel sebesar 1,67. sedangkan t hitung sebesar 13,59. dengan demikian t hitung 13,59 t tabel 1,67. sehingga hipotesis diterima. Jadi motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 27 Dec 2023 03:24
Last Modified: 27 Dec 2023 03:24
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/624

Actions (login required)

View Item
View Item