PERAN ORANG TUA SEBAGAI PENDIDIK DALAM KELUARGA MENURUT PANDANGAN ISLAM

Rukmawati, Rukmawati (2003) PERAN ORANG TUA SEBAGAI PENDIDIK DALAM KELUARGA MENURUT PANDANGAN ISLAM. Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (130kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (208kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (740kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (179kB)

Abstract

RUKMAWATI: PERAN ORANG TUA SEBAGAI PENDIDIK DALAM KELUARGA MENURUT PANDANGAN ISLAM. Pada tahun-tahun pertama dari kehidupan anak, pengurusan terhadap anak itu hanya dilaksanakan oleh keluarga. Dengan demikian berkeluarga menyebabkan terbentuknya peran orang tua (ayah dan ibu) sebagai pendidik bagi anak-anaknya. Keluarga adalah sebagai sistem sosial terkecil dalam masyarakat yang melahirkan keturunan, dimungkinkan adanya proses epolusi supaya keturunan demi keturunan makin lama diharapkan makin baik kualitasnya. Hal ini bisa ditempuh melalui proses pendidikan, karena itulah keluarga berkewajiban melaksanakan pendidikan sebaik mungkin. Keluarga adalah sebagai sistem sosialisasi merupakan unit yang menyiapkan anggota masyarakat untuk hidup akan melaksanakan fungsi pendidikan, karena segala kegiatan dan proses interaksi dalam keluarga langsung maupun tidak akan melibatkan anak-anak sebagai anggota keluarga.
Tujuan pendidikan dalam keluarga ialah menumbuhkan kepribadian secara seimbang melalui latihan-latihan kejiwaan, kecerdasan otak, penalaran perasaan dan inderanya. Pendidikan harus melayani pertumbuhan manusia dalam segala aspeknya, baik spiritual, intelektual, imajinatif, ilmiah maupun bahasanya baik secara perseorangan maupun secara kelompok, dan mendorong semua aspek tersebut ke arah keutamaan serta pencapaian ke arah kesempurnaan hidup, sebagaimana tujuan pendidikan Islam adalah membentuk pribadi khalifah bagi anak didik yang memiliki fitrah, roh, badan, kemauan yang bebas dan akal. Penelitian ini sesuai dengan sifatnya yaitu kepustakaan, maka metode yang digunakan adalah metoda studi pustaka. Teori-teori serta pendapat-pendapat yang penulis temukan dari buku-buku sumber pokok di analisis dengan cara membandingkan, mengsintesiskan dan ditarik kesimpulan-kesimpulan sehingga memperoleh gambaran yang jelas tentang orang tua sebagai pendidik dalam keluarga yang berdasarkan pandangan Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dasar dan tujuan pendidikan dalam keluarga menurut ajaran Islam, pandangan Islam tentang anak dan anak didik, pandangan Islam tentang orang tua dan pendidik, peran orang tua sebagai pendidik menurut ajaran Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 27 Dec 2023 04:14
Last Modified: 27 Dec 2023 04:14
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/626

Actions (login required)

View Item
View Item