Usaha Guru Agana Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SLTP Negeri 6 Garut

H. A. Saefurrohman, H. A. Saefurrohman (2001) Usaha Guru Agana Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SLTP Negeri 6 Garut. Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (181kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (232kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (969kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (113kB)

Abstract

HA. SAEFUROHMAN: Usaha Guru Agana Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SLTP Negeri 6 Garut. Suatu kegiatan dalam proses belajar mengajar dapat berhasil apabila terdapat kerjasama diantara guru Agama Islam dengan guru bidang studi yang lainnya yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam. Dalam proses belajar mengajar guru dituntut untuk dapat meningkatkan motivasi belajar siswanya. Belajar adalahmerupakan kegiatan pokok dalam mencapai tujuan pendidikan, oleh karena itu perlu mendapat perhatian khusus, terutama dalam belajar mengajar Pendidikan Agama Islam. Setiap kegiatan mengandung tujuan yang harus dicapai secara optimal dan tujuan itu merupakan titik tolak yang akan dicapai melalui kegiatan penelitian ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : Ingin mengetahui usaha guru Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, ingin mengetahui hambatan hambatan yang dialami guru Agama Islam dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam juga ingin mengetahui usaha-usaha yang dilakukan oleh guru Agama Islam dalam mengatasi hambatan - hambatan tersebut. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode deskriftif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara serta studi dokumentasi. Sedangkan unutk mengolah data data yang telah terkumpul digunakan skala prosentase. Dan dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa : a) Guru agama selalu menganjurkan terhadap siswa agar sering belajar secara berkelompok, guru agama selalu menganjurkan agar siswa memiliki buku paket karena kurang lengkapnya buku paket yang tersedia di sekolah, dalam penyampaian materi pelajaran guru agama senantiasa memilih metode yang tepat agar pelajaran yang disampaikan dapat diteima oleh siswa.
b) Hambatan yang dihadapi oleh guru agama adalah tidak sesuainya waktu yang tersedia dengan materi yang akan disampaikan dimana waktu yang tersedia sangat sedikit bila dibandingkan dengan materi pelajaran yang banyak. c) Usaha yang dilakukan oleh guru agama dalam menghadapi masalah dan hambatan tersebut adalah dengan memberikan tugas yang harus dikerjakan di rumah, siswa diperintahkan untuk sering membaca buku bacaan dan memberikan dorongan kepada para siswa dengan pemberian hadiah bagi yang berprestasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 22 Jan 2024 04:44
Last Modified: 22 Jan 2024 04:44
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/655

Actions (login required)

View Item
View Item