Penerapan Metode Pembelajaran Tematik hubungannya dengan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih (Penelitian di Kelas I – III Madrasah Ibtidaiyah Wanayasa II Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis)

Kodarwasih, kodarwasih (2010) Penerapan Metode Pembelajaran Tematik hubungannya dengan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih (Penelitian di Kelas I – III Madrasah Ibtidaiyah Wanayasa II Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Other

Download (130kB)
[thumbnail of BAB  I.pdf] Text
BAB I.pdf - Other

Download (392kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Other

Download (128kB)
[thumbnail of Skripsi Kodarwasih.pdf] Text
Skripsi Kodarwasih.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendekatan tematik dalam pembelajaran sangat membuka peluang bagi guru untuk mengembangkan berbagai strategi dan metodologi yang paling tepat. Pemilihan dan pengembangan strategi pembelajaran mempertimbangkan kesesuaian dengan tema-tema yang dipilih sebelumnya. Di sinilah guru dituntut lebih kreatif dalam menghadirkan suasana pembelajaran yang menggiring peserta didik mampu memahami kenyataan hidup yang dijalani setiap hari, baik menyangkut dirinya sebagai pribadi maupun dalam hubungannya dengan keluarga, masyarakat, lingkungan, dan alam sekitarnya.
Penelitian ini dilatarbelakang oleh masalah yang terjadi pada pembelajaran Fiqih dalam penguasaan bacaan-bacaan shalat fardlu yang dirasakan sangat kurang, hal ini terbukti dengan adanya nilai-nilai yang kurang dalam evaluasi tentang penguasaan bacaan-bacaan shalat fardlu.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih tentang shalat fardlu dan bacaannya melalui penerapan metode pembelajaran tematik. Untuk itu diharapkan penerapan model pembelajaran tematik dalam kegiatan pembelajaran dapat menghasilkan penguasaan bacaan-bacaan shalat peserta didik secara optimal. Dengan demikian penelitian ini menitikberatkan pada upaya guru dalam menambahkan dan meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu suatu penelitian yang diarahkan untuk memberikan gejala-gejala, fakta-fakta atau kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat mengenai sifat-sifat populasi. Dalam pelaksanaan dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki atau meningkatkan praktek pembelajaran di kelas secara profesional, kemudian dilakukan analisis secara deskriptif terhadap data yang dilakukan melalui wawancara, observasi dan angket yang berupa pertanyaan, pengamatan dan menanggapi pendapat orang lain. Adanya peningkatan hasil belajar dari pretes dan postes. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata dari tes tersebut yang dilaksanakan pada setiap kegiatan pembelajaran.
Penelitian ini dilakukan di kelas I – III Madrasah Ibtidaiyah Wanayasa II Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis. Dan berdasarkan pengamatan di lapangan, penerapan model pembelajaran tematik memberikan pengaruh yang sangat signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih khususnya pada tema bacaan shalat fardlu. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis korelasi Rank Spearman sebesar 0,999105, yang berarti tergolong sangat baik, dan juga hasil uji hipotesis di mana thitung lebih besar (124,94) daripada ttabel (2,05). Artinya, prestasi belajar belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Wanayasa II Banjarsari sangat berhubungan dengan metode pembelajaran tematik yang diterapkan di sekolah ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email acengwahyudin165@gmail.com
Date Deposited: 14 May 2022 02:30
Last Modified: 14 May 2022 02:30
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/72

Actions (login required)

View Item
View Item