Pengaruh Pendidikan Pondok Pesantren terhadap Kemandirian Santri di Pondok Pesantren Al-Hidayah Haur Kuning

Huda, Nurul (2020) Pengaruh Pendidikan Pondok Pesantren terhadap Kemandirian Santri di Pondok Pesantren Al-Hidayah Haur Kuning. Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Other

Download (181kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Other

Download (341kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Other

Download (134kB)
[thumbnail of Skripsi Nurul Huda.pdf] Text
Skripsi Nurul Huda.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK

Nurul H: Pengaruh Pendidikan Pondok Pesantren terhadap Kemandirian Santri di Pondok Pesantren Al-Hidayah Haur Kuning.
Pada sistem Pendidikan Nasional, pondok pesantren merupakan salah satu pendidikan yang memiliki karakterisik khusus. Salah satu ciri khas pendidikan di pondok pesantren adalah kehidupan kemandirian yang diterapkan pada diri santri sebagai subjek memperdalam ilmu agama di pondok pesantren. Permasalahan yang timbul, apakah terdapat pengaruh positif antara pendidikan pondok pesantren dengan kemandirian santri di Pondok Pesantren Al-Hidayah Haur Kuning?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan pondok pesantren terhadap kemandirian santri di Pondok Pesantren Al-Hidayah Haur Kuning.
Dengan tujuan diatas, maka penelitian ini dapat bermanfaat bagi pengembangan pola pembinaan, serta materi yang berhubungan dengan pendidikan pondok pesantren serta nilai – nilai kemandirian.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang berupaya untuk mengungkapkan keadaan atau kondisi yang terjadi sekarang dengan mempertimbangkan keadaan masa lampau melalui pengolahan angka-angka yang diperoleh dari penelitian.
Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh bahwa pendidikan pondok pesantren di Pondok Pesantren Al-Hidayah Haur Kuning tergolong baik
(diperoleh rata-rata hitung (mean) sebesar 69,3. Nilai tersebut berada pada interval 68,06 – 72,08 dengan klasifikasi baik). Sedangkan kemandirian santri di Pondok Pesantren Al-Hidayah Haur Kuning tergolong baik (diperoleh rata-rata hitung (mean) sebesar 65,1. Nilai tersebut berada pada interval 61,53 – 65,04 dengan klasifikasi baik). Dan pengaruh pendidikan pondok pesantren terhadap kemandirian santri di Pondok Pesantren Al-Hidayah Haur Kuning mempunyai pengaruh positif yang cukup signifikan dengan kategori cukup. Terbukti rs=0,50 berada pada interval 0,41 – 0,60 serta thitung 2,45 ≥ ttabel 1,734. Jadi, pengaruh pendidikan pondok pesantren terhadap kemandirian santri memiliki presentasi sebesar 25% dan 75% faktor lain yang mempengaruhi kemandirian santri seperti misalnya jenis kelamin, kebudayaan, lingkungan keluarga dan lain sebagainya.
Disarankan kepada para peneliti lain untuk melakukan penelitian lanjutan dengan mengkaji faktor-faktor lain yang turut berpengaruh terhadap pendidikan pondok pesantren dan kemandirian santri.

Kata kunci: Pendidikan, Pondok Pesantren, Kemandirian Santri.

ABSTRACT

Nurul H: The Effect of Islamic Boarding School Education on the Students’ Independence in Al-Hidayah Haur Kuning Islamic Boarding School.
On the national education system, Islamic boarding school is an education that has special characteristics. One of the characteristics of Islamic boarding school education is the life of independence which is applied to students themselves as subjects that deepen religious knowledge in Islamic boarding school. The problem that arises, is there a positive influence between Islamic boarding school education with the independence of students in Al-Hidayah Haur Kuning Islamic boarding school?
This study aims to determine the effect of Islamic boarding school education on the independence of students in Al-Hidayah Haur Kuning Islamic boarding school.
With the above objectives, this research can be beneficial for the development of coaching patterns, as well as material related to Islamic boarding school education and values of independence.
The method used in this study is a descriptive method through a quantitative approach that is research that seeks to reveal the state or condition that is happening now by considering the past conditions through processing the figures obtained from the study.
Based on the results of data processing, it was found that the Islamic boarding school education of Al-Hidayah Haur Kuning Islamic boarding school is classified as good (obtained an average count of 69,3. These values were at intervals of 68,06 – 72,08 with good classification). And the students' Independency in Al-Hidayah Haur Kuning Islamic boarding school is classified as good (obtained an average count of 65,1. The value is in the interval 61,53 – 65,04 with good classification). And the influence of Islamic boarding school education on the independence of students in Al-Hidayah Haur Kuning Islamic boarding school has a significant positive effect on the sufficient category. It was proven that rs = 0.50 was in the interval 0,41 – 0,60 and t count 2.45 ≥ table 1.734. So, the effect of Islamic boarding school education on students independency has a presentation of 25% and 75% of other factors that influence the independence of students such as gender, culture, family environment and so forth.
It is recommended to other researchers to conduct further research by examining other factors that also influence the scout extracurricular activities and student character.

Keywords: Education, Islamic Boarding school, Student Independence.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email acengwahyudin165@gmail.com
Date Deposited: 19 May 2022 03:03
Last Modified: 19 May 2022 03:03
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/76

Actions (login required)

View Item
View Item