ADVOLKASI PENGEMBANGAN POTENSI PEMASARAN ONLINE UNTUK UMKM DI DESA KERTAMUKTI KECAMATAN CIAWI

Wahyudin, Aceng Wandi and Maolana, Ipan (2021) ADVOLKASI PENGEMBANGAN POTENSI PEMASARAN ONLINE UNTUK UMKM DI DESA KERTAMUKTI KECAMATAN CIAWI. Latifah, 1 (1). pp. 35-60.

[thumbnail of jurnal ipan.docx] Text
jurnal ipan.docx - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi pemanfaatan media online sebagai sarana pemasaran hasil produksi UMKM di Desa Kertamukti, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, dengan harapan dapat memperluas area pemasaran yang akan memberikan imbas terhadap peningkatan omset. Adapun masalah yang dimiliki oleh mitra adalah kurangnya kemampuan serta pengelolaan manajemen usaha mitra masih terbatas, terutama dalam memperkenalkan produk unggulannya ke khalayak sasaran pasar mereka yang lebih luas lagi melalui kegiatan promosi yang tepat sasaran baik secara offline maupun online. Kegiatan ini menggunakan metode pendekatan kontektual yaitu memberikan materi teori terlebih dahulu dan dilanjutkan dan Workshop mengunggah produk-produk yang dihasilkan oleh anggota Para UMKM yang merupakan pelaku usaha. Lalu dilanjutkan dengan metode pengarahan teknik pemasaran online dan pendampingan usaha.
Metode ini langsung dipraktikkan oleh instruktur dengan mitra agar mitra dapat langsung memahami aplikasi-aplikasi marketplace dan pendampingan dalam pengembangan pengetahuan dan kemampuan untuk mengakses marketplace secara online, serta memfasilitasi kegiatan promosi melalui media online (e- commerce dan social media). Hasil pelatihan menunjukkan bahwa peserta pengabdian sangat tertarik mengikuti pelatihan- pelatihan semacam ini karena sangat merasa terbantu dalam memanfaatkan media online sebagai sarana pemasaran hasil produksi yang sudah berkembang pesat dewasa ini. Adanya optimalisasi kinerja melalui peningkatan daya kreativitas dan inovasi SDM, yaitu melalui pemahaman konsep startegi pemasaran, terutama melalui kemampuan pemasaran online, sehingga mitra mampu memperkenalkan produk usaha lebih luas lagi dan menciptakan sebuah destination branding melalui media online.
Kata kunci : UMKM, Online, Pemasaran.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Ekonomi Syariah > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email acengwahyudin165@gmail.com
Date Deposited: 21 May 2022 03:26
Last Modified: 21 May 2022 03:26
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/84

Actions (login required)

View Item
View Item