Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Akhlak Peserta Didik di MAN Kiarakuda Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya.

Permana, Linda (2014) Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Akhlak Peserta Didik di MAN Kiarakuda Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya. Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Other

Download (8kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Other

Download (335kB)

Abstract

Lemahnya kompetensi kepribadian yang dimiliki seorang guru mengakibatkan buruknya akhlak peserta didik disekolah. Permasalahan yang timbul, apakah terdapat pengaruh positif kompetensi kepribadian terhadap akhlak peserta didik di MAN Kiarakuda Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya? Hal ini berangkat dari anggapan bahwa terdapat pengaruh positif antara kompetensi kepribadian guru terhadap akhlak peserta didik di MAN Kiarakuda Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya.
Permasalahan penelitian dapat dirumuskan sebagai berikut: Bagaimana kompetensi kepribadian guru di MAN Kiarakuda Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya? Bagaimana akhlak peserta didik di MAN Kiarakuda Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya? Bagaimana pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap akhlak peserta didik di MAN Kiarakuda Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya? Dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi kepribadian guru di MAN Kiarakuda Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya. Untuk mengetahui akhlak peserta didik di MAN Kiarakuda Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya. Untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap akhlak peserta didik di MAN Kiarakuda Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang berupaya untuk mengungkapkan keadaan/kondisi yang terjadi saat ini dengan mempertimbangkan masa lampau melalui pengolahan angka-angka yang diperoleh dalam penelitian.teknik sampling yang digunakan Proportionate Stratified Random Sampling. Populasi di MAN Kiarakuda tahun ajaran 2013/2014 adalah 340 orang, maka penarikan sampel sebanyak 15% adalah 39 orang. Teknik analisis masing-masing menggunakan simpangan rata-rata (SR) sedangkan analisis kedua variabel tersebut menggunakan rank sperman (rs).
Kompetensi kepribadian guru dari hasil penyebaran angket terhadap 39 responden didapat dari sekor tertinggi 57 dan sekor terendah 40, SR = simpangan rata-rata tersebut berada pada sekala penafsiran pada interval 47,83 - 50,44 dengan klasifikasi tinggi. Hal ini berarti kompetensi kepribadian guru disekolah tersebut tergolong baik. Pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap akhlak peserta didik di MAN Kiarakuda diperoleh pada klasifikasi tinggi (0,81-1,00). Hal ini berarti kompetensi kepribadian guru memiliki pengaruh tinggi terhadap akhlak peserta didik. Dan akhlak peserta didik di MAN Kiarakuda yang dipengaruhi oleh kompetensi kepribadian guru sebesar 68,8 % dari hasil uji hipotesis > 9 > 1,85 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.
Disarankan kepada peneliti lain untuk melakukan penelitian lanjutan dengan mengkaji faktor-faktor lain yang akan berpengaruh terhadap akhlak peserta didik.

Kata kunci: Kompetensi Kepribadian Guru, Akhlak Peserta Didik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email acengwahyudin165@gmail.com
Date Deposited: 23 May 2022 03:40
Last Modified: 23 May 2022 03:40
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/97

Actions (login required)

View Item
View Item