Penggunaan Metode Ceramah Bervariasi Dalam Materi Abu Bakar dan Umar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Penelitian Tindakan Kelas pada Pelajaran PAI Kelas V SDN 5 Rejasari Kecamatan Langensari Kota Banjar)

Asmanah, Aan (2014) Penggunaan Metode Ceramah Bervariasi Dalam Materi Abu Bakar dan Umar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Penelitian Tindakan Kelas pada Pelajaran PAI Kelas V SDN 5 Rejasari Kecamatan Langensari Kota Banjar). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf - Other

Download (7kB)
[thumbnail of 6. BAB I .pdf] Text
6. BAB I .pdf - Other

Download (222kB)
[thumbnail of 11. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Other

Download (8kB)

Abstract

Pendidikan agama Islam merupakan pondasi yang sangat mendasar dan mempunyai peranan yang sangat penting bagi hidup dan kehidupan bangsa Indonesia khususnya bagi ummat Islam. Pembelajaran Agama Islam di sekolah dasar sangat menunjang kondisi psikologi siswa. Siswa menjadi lebih terbina mental dan fikirannya. Saat siswa mempelajari tentang kisah rasul dan para sahabat hal itu dapat memberikan contoh perilaku yang baik yang dicontohkan oleh Rasulullah.
Untuk mencapai keberhasilan tujuan di atas, maka diperlukan adanya strategi dan pola pembelajaran yang menyenangkan. Salah satu metode yang menunjang kebutuhan siswa terhadap pemahaman kisah para sahabat adalah metode ceramah bervariasi.
Tinjauan pustaka yang menjadi kajian teori pada penelitian ini, yaitu pembelajaran PAI di sekolah dasar, hasil belajar, kisah Abu Bakar dan Umar, pembelajaran Kisah Abu Bakar dan Umar melalui metode ceramah bervariasi.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas model Kemmis-Taggart. Materi pokok pembelajaran yang dijadikan latar penelitian adalah metode ceramah bervariasi untuk meningkatkan pemahaman kisah Abu Bakar dan Umar siswa di Sekolah Dasar. Dalam penelitian ini guru dan siswa kelas V dipilih sebagai subyek penelitian yang ditingkatkan kinerjanya dalam dua siklus tindakan perbaikan
Melalui serangkaian tindakan dalam penelitian ini, kinerja guru dalam mengelola pembelajaran PAI dengan metode ceramah meningkat dari rata-rata. Hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 70,08 menjadi 79,95. Hasil belajar pada siklus II menunjukan hasil belajar siswa telah mencapai KKM yaitu 75.
Keberhasilan diharapkan dapat menjadi pendorong bagi pihak-pihak terkait untuk menjadikan penelitian tindakan kelas sebagai tradisi profesi guru.
Kata kunci : Kisah Abu Bakar dan Umar, Metode Ceramah Bervariasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email acengwahyudin165@gmail.com
Date Deposited: 23 May 2022 03:49
Last Modified: 23 May 2022 03:49
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/98

Actions (login required)

View Item
View Item