KORELASI ANTARA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 3 Kawunglarang Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis)

IDAH N, IDAH N (2009) KORELASI ANTARA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 3 Kawunglarang Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (50kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (731kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (57kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (88kB)

Abstract

ABSTRAKSI: KORELASI ANTARA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 3 Kawunglarang Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis). Penelitian ini pada dasarnya bertolak dari kajian teoritis yang menyatakan bahwa prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dipengaruhi oleh model pembelajaran kooperatif, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif, prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan hubungan antara model pembelajaran kooperatif dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: "Semakin efektif penerapan model pembelajaran kooperatif maka semakin baik prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dan sebaliknya, semakin tidak efektif penerapan model pembelajaran kooperatif maka semakin kurang prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam", Secara umum, berlangsungnya penelitian ini berdasarkan atas prinsip metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode deskriptif dianggap paling relevan untuk menganalisis fenomena empirik yang terjadi sekarang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung (direct observation), wawancara terstruktur, dan angket tertutup. Data variabel % dihimpun melalui angket sedangkan data variabel Y diambil dari nilai raport peserta didik dengan skala pengukuran interval. Analisis datanya yaitu analisis korelasional dengan menggunakan Analisis Varians dan koefisien korelasinya menggunakan regresi linear. Hasil pengolahan data untuk variabel X adalah 23,02%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran PAI sangat efektif karena terletak pada interval 81%-100%.. Sedangkan hasil pengolahan data untuk variabel Y adalah 83,47%. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sangat baik karena terletak pada interval 81%-100%.. Koefisien korelasi antara variabel X dengan variabel Y yaitu 0,17 (rendah), karena terletak pada interval s 0,21. Derajat determinasi atau pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah 2,89%. Sedangkan 97,11% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Hasil uji signifikansi atau uji hipotesis menunjukkan bahwa t hitung > t tabel 1,90 1,72 pada taraf signifikansi - 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya, model pembelajaran kooperatif memiliki korelasi dengan prestasi belajar peserta didik pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 15 Oct 2023 08:06
Last Modified: 15 Oct 2023 08:06
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/443

Actions (login required)

View Item
View Item