ASPEK-ASPEK EDUKATIF DALAM KOPERASI PRIMER DILIHAT DARI KONSEP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian di Koperasi Primer Pondok Pesantren Al- Muhajirin Cianjur).

Taufik, Ridwan (2009) ASPEK-ASPEK EDUKATIF DALAM KOPERASI PRIMER DILIHAT DARI KONSEP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian di Koperasi Primer Pondok Pesantren Al- Muhajirin Cianjur). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (50kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (84kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (350kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (57kB)

Abstract

ABSTRAK: Ridwan Taufik. ASPEK-ASPEK EDUKATIF DALAM KOPERASI PRIMER DILIHAT DARI KONSEP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. (Penelitian di Koperasi Primer Pondok Pesantren Al- Muhajirin Cianjur). Dengan membatasi diri pada phenomena yang terjadi dan melibatkan anggota koperasi Primer Pondok Pesantren Al-Muhajirin Nagrak Cianjur. Inti permasalahan ini adalah Aspek-aspek Edukatif dalam Koperasi Primer Dilihat dari Konsep Pendidikan Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat relevansi aspek edukatif koperasi dengan konsep pendidikan Islam, dan problematika apa sajakah yang terjadi dalam penerapan aspek edukatif terhadap koperasi serta uapaya apa sajakah yang dilaksanakan dalam penerapan aspek edukatif tersebut. Penelitian ini bertolak dari sebuah kesan dimana masih berkembangnya anggapan bahwa koperasi itu hanya merupakan wadah untuk meningkatkan taraf ekonomi rakyat saja dengan melupakan nilai-nilai pendidikan atau aspek-aspek pendidikan yang terkandung didalamnya. Hiotesis penelitian ini adalah semakin tinggi mpula nilai-nilai pendidikan atau aspek-aspek pendidikan yang terkandung didalamnya dan sebaliknya semakin rendah upaya yang dilakukan dalam penerapan aspek edukatif semakin rendah pula nilai-nilai edukatif yang terkandung di dalamnya. Metode penelitian ini adalah metode deskripsi. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah studi kepustakaan, observasi, wawancara, dan anket. Populasi penelitian ini adalah anggota koperasi Pondok Pesantren Al-Muhajirin, sedangkan sampelnya sebanyak 45 Orang. Penganalisaan data yang penulis gunakan adalah setelah data terkumpul diolah dengan menggunakan teknik statistic supaya data tersebut dapat dianalisa dan ditafsirkan yang akhirnya dapat ditarik kesimpulan untuk menjawab penelitian. Teknik pengolahan data yang penulis gunakan adalah teknik statistic sederhana yakni dalam bentuk "prosentase". Hasil pengolahan data menunjukan sebagaian besar adanya relevansi antara edukatif koperasi dengan konsep pendidikan Islam, dengan prosentase rata-rata 56,34%. Sedangkan problematika yang dihadapi kurang lebih 51,82%. Sedangkan upaya yang dilakukan dalam penerapan aspek edukatif koperasi terhadap konsep pendidikan Islam prosentase rata-rata 69,77%. Dengan demikian, anggapan bahwa koperasi itu hanyalah wadah untuk meningkatkan taraf ekonomi rakyat saja adalah tidak benar, hal tersebut didukung oleh hasil penelitian yang penulis laksanakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 15 Oct 2023 10:02
Last Modified: 15 Oct 2023 10:02
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/451

Actions (login required)

View Item
View Item