PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA (Penelitian terhadap Siswa di SDN 1 Buananekar Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis)

Iskandar, Rina (2010) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA (Penelitian terhadap Siswa di SDN 1 Buananekar Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (40kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (99kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (455kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (79kB)

Abstract

ABSTRAK: RINA ISKANDAR. PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA (Penelitian terhadap Siswa di SDN 1 Buananekar Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis). Peranan pendidikan dalam kehidupan manusia merupakan suatu kekuatan yang menentukan Disiplin dan produktifitas seseorang Maka pendidikan hars dilaksanakan sebaik-baiknya Disiplin sangat diperlukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan disiplin pembangunan nasional dapat menberikan banyak perubahan positif dan konstruktif dalam berbagai bidang kehidupan. Penelitian ini untuk mengetahui lingkungan sekolah siswa kelas VI dan disiplin belajar siswa kelas VI dalam bidang studi Pendidikan Agama selama SDN 1 Buanamekar Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis Penelitian ini pada dasarnya bertolak dari kajian teoritis yang menyatakan bahwa disiplin belajar siswa salah satunya dipengaruhi oleh lingkungan sekolah Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah "Semakin baik lingkungan sekolah maka semakin tinggi disiplin belajar siswa, dan sebaliknya semakin jeiek lingkungan sekolah maka semakin rendah disiplin belajar siswa" Secara umum, berlangsungnya penelitian ini berdasarkan atas prinsip metode deskriptif dan korelatif. Metode deskrptif dianggap paling relevan untuk menggali, mengungkapkan serta menganalisis fenomena empirik yang terjadi pada masa sekarang, sedangkan metode korelatif dianggap paling relevan untuk mencari pengaruh antara kedua variabel penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi langsung, wawancara berstruktur, angket tertutup dan studi kepustakaan. Data kedua variabel dalam penelitian ini dibimpun dengan skala pengukuran interval. Anilisis datanya yaitu analisis korelasional dengan menggunakan statistika parametrik. Dikarenakan data atau sampel penelitian kedua variabel berdistribusi normal, maka koefisien korelasinya menggunakan koefisen kerelasi sederhana dan regresinya berbentuk linear. Variabel X (Lingkungan sekolah) di SD Negeri 1 Buanamekar tergolong sedang, Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan dengan niai Median (MMe) adalah 52,16 berada pada skala 50,14- 55,21 dengan kategori sedang V'aniabel Y (Disiplin Belajar Siswa) di SD Negeri I Buanamekar tergolong sedang Ral ini dapat dilihat setelah dilaksanakan perhitungan bahwa nilai Median (Me) adalah 71,5 berada pada skala 70,34-77,51 dengan kategori sedang. Berdasarkan perhitungan diketahui pengaruh variabel X (Lmgkangeh
Sekolah) terhadap variabel Y (Disiplin Belajar Siswa) adalah setesar 91% Dari hasil di atas didapat thitung 32,82 dain tabel ,21, maka dengein demikian ternyata thitung lebih besar daripada tabel. Oleh karena itu dapat kesimpulan bahwa Hipotesis alternatif (Hn) yang berbunyi "terdapat positif dan signifikan dari Lingkungan Sekolah terhadap Disiplin Belajar Siswa diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions:
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 18 Oct 2023 02:42
Last Modified: 18 Oct 2023 02:42
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/460

Actions (login required)

View Item
View Item