PENGARUH PELAKSANAAN TATA TERTIB SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian di SLTPN 3 Banjarsari Ciamis)

Ruswanto, Ruswanto (2002) PENGARUH PELAKSANAAN TATA TERTIB SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian di SLTPN 3 Banjarsari Ciamis). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (37kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (57kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (489kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (26kB)

Abstract

ABSTRAK: RUSWANTO. PENGARUH PELAKSANAAN TATA TERTIB SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian di SLTPN 3 Banjarsari Ciamis). Pada dasarnya disiplin dan tata tertib sekolah bertujuan untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan dengan demikian disiplin dan tata tertib sekolah merupakan dua hal yang saling berhubungan dan menjadi salah satu faktor untuk mencapai tujuan pendidikan, dan salah satu bukti tercapainya tujuan pendidikan dapat dilihat pada prestasi belajar siswa. Prestasi belajar siswa dipengaruhi beberapa faktor diantaranya: Faktor dari dalam diri siswa (individual), faktor dari luar individu (faktor sosial) dan faktor lingkungan sekolah termasuk didalamnya tata tertib sekolah. Tujuan pendidikan ini untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan tata tertib disekolah prestasi siswa, dan pengaruh pelaksanaan tata tertib terhadap prestasi belajar di SLTPN 3 Banjarsari. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian korelatif, dengan teknik penelitian observasi dan angket. Setelah data dikumpulkan kemudian diolah, depriksa dan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik regresi dan korelasi dengan menggunakan uji Normalitas Distribusi Lilliefors. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil dari uji normalitas distribusi lillliefors menghasilkan Dhitung = 0,6679 dan Dtabel = 0,1306, maka dapat dinyatakan penelitian mengikuti distribusi normal dapat diterima. Selanjutnya tata tertib sekolah sebagai variabel X, setelah dilakukan perhitungan hasilnya adalah 34,09 dan variabel Y adalah =0,24 dan setelah dilakukan perhitungan regresi Y = 34,09 + 0,42 X = 53,41, ini menunjukkan dari 46 responden diperoleh peningkatan prestasi belajar rataan 53,41 pada bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Islam
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 25 Oct 2023 05:52
Last Modified: 25 Oct 2023 05:52
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/485

Actions (login required)

View Item
View Item