PERSEPSI SISWA TERHADAP KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN HUBUNGANNYA DENGAN KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH (Penelitian di kelas V SD Negeri 1 Cintaratu Kecamatan Lakbok Ciamis)

Holidin, Holidin (2005) PERSEPSI SISWA TERHADAP KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN HUBUNGANNYA DENGAN KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH (Penelitian di kelas V SD Negeri 1 Cintaratu Kecamatan Lakbok Ciamis). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (42kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (83kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (508kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (79kB)

Abstract

ABSTRAK: HOLIDIN. PERSEPSI SISWA TERHADAP KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN HUBUNGANNYA DENGAN KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH (Penelitian di kelas V SD Negeri 1 Cintaratu Kecamatan Lakbok Ciamis). Berkaitan dengan kegiatan belajar di sekolah, maka disiplin dapat dikatakan sebagai suatu sikap yang diwujudkan dalam melakukan belajar secara tertib, teratur dan mentaati peraturan sekolah. Kedisiplinan seseorang jelas berbeda. Hal ini dikarenakan kemampuan seseorang dalam mempersepsi suatu objek atau situasi yang dialami dan dirasakannya juga berbeda. Demikian pula halnya dengan tingkat kedisiplinan seseorang dalam belajar di sekolah, juga dipengaruhi oleh tingkat kemampuannya dalam mempersepsi kegiatan ekstrakurikuler keparamukaaan yang diselenggarakan di sekolah. Masalah yang muncul adalah bagaimana persepsi siswa kelas V SDN 1 Cintaratu Kecamatan Lakbok Ciamis terhadap kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan? Bagaimana pula kedisiplinan belajar siswa kelas V SDN 1 Cintaratu Kecamatan Lakbok Ciamis? Apakah terdapat hubungan antara persepsi siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan dengan kedisiplinan belajar siswa kelas V SDN 1 Cintaratu Kecamatan Lakbok Ciamis. Penelitian ini bertujuan : Pertama, untuk mengetahui persepsi siswa kelas V SDN 1 Cintaratu Kecamatan Lakbok Ciamis terhadap kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan; Kedua, untuk mengetahui kedisiplinan belajar siswa kelas V SDN 1 Cintaratu Kecamatan Lakbok Ciamis; Ketiga, untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan dengan kedisiplinan belajar siswa kelas V SDN 1 Cintaratu Kecamatan Lakbok Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan analisis statistik. Setelah diadakan penelitian, hasilnya menunjukkan persepsi siswa kelas V SDN 1 Cintaratu Kecamatan Lakbok Ciamis terhadap kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan ternyata cukup tinggi dengan skor rata-rata 51,83. kedisiplinan belajar siswa kelas V SDN 1 Cintaratu Kecamatan Lakbok Ciamis tergolong cukup tinggi dengan skor rata-rata 53,00. Berdasarkan uji korelasi diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,64, sedangkan nilai signifikansi koefisien korelasi pada taraf signifikan 0,05 diperoleh hitung sebesar 3,53 lebih besar dari ftabel= 1,73. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan dapat diterima, dalam arti terdapat hubungan positif signifikan yang tinggi antara persepsi siswa kelas V SDN 1 Cintaratu Kecamatan Lakbok Ciamis terhadap kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan dengan kedisiplinan belajar mereka di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 26 Oct 2023 06:22
Last Modified: 26 Oct 2023 06:22
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/497

Actions (login required)

View Item
View Item