PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian di SD Negeri 2 Kalapasawit Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis)

S. Komariah, Oom (2005) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian di SD Negeri 2 Kalapasawit Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (46kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (84kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (369kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (59kB)

Abstract

ABSTRAK. OOM KOMARIAH: PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian di SD Negeri 2 Kalapasawit Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis). Pendidikan agama dalam keluarga berpengaruh besar pada prestasi belajar anak terutama pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Melihat realita di lapangan bahwa pendidikan agama dalam keluarga di SD Negeri 2 Kalapasawit cukup baik, akan tetapi prestasi anak pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kurang memuaskan. Melihat fenomena tersebut, penelitian ini difokuskan pada pengaruh pendidikan agama dalam keluarga terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan agama dalam keluarga di SD Negeri 2 Kalapasawit, prestasi belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama Islam serta pengaruh pendidikan agama dalam keluarga terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri 2 Kalapasawit, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa pendidikan agama dalam keluarga diharapkan dapat memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar siswa terutama dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam, karena bagi anak keluarga merupakan tempat pendidikan yang pertama dan utama sebagai foundamen (dasar) pegangan mereka pada masa yang akan datang, dapat membantu putera puterinya belajar di rumah, khususnya mata pelajaran pendidikan agama Islam. Adapun hipotesis yang diajukan "Terdapat pengaruh yang positif antara pendidikan agama dalam keluarga dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama Islam". Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Untuk memperoleh datanya penulis menggunakan tekhnik observasi, wawancara, dan angket. Sedangkan analisis datanya penulis menggunakan analisis statistik. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa pendidikan agama dalam keluarga di SD Negeri 2 Kalapasawit dengan nilai mean/rataan 79,375 tergolong sangat tinggi dan prestasi belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama Islam diperoleh mean/rataan sebesar 81,25 juga tergolong sangat tinggi. Pendidikan agama dalam keluarga meningkatkan prestasi belajar siswa mencapai 44,89%. Berdasarkan hipotesis parametrik ternyata thitung sebesar 5,58 dan tabel sebesar 1,68, dengan demikian thitung trabel = 5,58 1,68 maka hipotesis dapat diterima. Jadi pendidikan agama dalam keluarga pengaruhnya tinggi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 27 Oct 2023 09:36
Last Modified: 27 Oct 2023 09:36
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/504

Actions (login required)

View Item
View Item