PENGARUH KEMAMPUAN KOGNITIF GURU PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MINAT BACA AL-QUR'AN (Penelitian terhadap Siswa SDN 2 Puloerang Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis)

Pajran, Pajran (2005) PENGARUH KEMAMPUAN KOGNITIF GURU PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MINAT BACA AL-QUR'AN (Penelitian terhadap Siswa SDN 2 Puloerang Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (40kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (92kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (382kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (62kB)

Abstract

ABSTRAK. PARJAN: PENGARUH KEMAMPUAN KOGNITIF GURU PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MINAT BACA AL-QUR'AN (Penelitian terhadap Siswa SDN 2 Puloerang Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis). Kondisi minat baca Al-Qur'an seseorang erat kaitannya dengan kondisi yang mempengaruhi perkembangan membaca Al-Qur'an seseorang itu. Demikian pula halnya dengan kondisi minat baca Al-Qur'an di kalangan para siswa tidak begitu saja timbul, melainkan banyak faktor yang mempengaruhi tumbuhnya minat baca Al-Qur'an tersebut. Dengan membatasi diri pada fenomena yang terjadi dan melibatkan siswa SDN 2 Pulberang Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis, maka yang menjadi pokok permasalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimana pengaruh kemampuan kognitif guru PAI terhadap minat baca Al-Qur'an siswa " Tujuan penelitiannya adalah untuk menganalisis kemampuaan kognitif guru pelajaran PAL, minat baca Al-Qur'an siswa, dan pengaruh kemampuan kognitif guru pelajaran PAI terhadap minat baca Al-Qur'an siswa di SDN 2 Puloerang Kecamatan Lakbok. Penelitian bertolak dari pemikiran bahwa tinggi rendahnya minat baca Al-Qur'an siswa salah satunya ditentukan oleh tinggi rendahnya kemampyan kognitif guru pelajaran PAI. Oleh karena itu hipotesis kerja (H1) yang penulis rumuskan adalah semakin tinggi kemampuan kognitif guru pelajaran PAI akan semakin tinggi pula minat baca Al-Qur'an siswa, dan sebaliknya (Ho)semakin rendah kemampuan kognitif guru pelajaran PAI maka semakin rendah pula minat baca Al-Qur'an siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif karena metode ini dipandang tepat untuk memecahkan dan menggali masalah-masalah pada masa sekarang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan jalan observasi, wawancara, dan angket serta objek yang diteliti adalah siswa kelas VI SDN 2 Puloerang Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis yang berjumlah 33 orang. Untuk mengetahui hubungan antar kemampuan kognitif guru pelajaran PAI dengan minat baca Al-Qur'an siswa menggunakan rumus sebagai berikut: rs=1- 6 Ždi2 i=13n'-n. Dari analisis hasil penelitian dapat diketahui bahwa hubungan antara kemampuan kognitif guru pelajaran PAI dengan minat baca Al-Qur'an siswa menunjukan korelasi sangat tinggi. Hal ini terbukti dari angka korelasi sebesar 0,87 kadar pengaruh diperoleh sebesar 75,69%. Ini menunjukan bahwa 75,69% minat baca Al-Qur'an siswa dipengaruhi oleh kemampuan kognitif guru PAI sedangkan 24,31% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain. Setelah dilakukan perhitungan uji hipotesis ternyata t hitung (9,82) ≥t tabel (1,69) sehingga hipotesis kerja (H1) diterima dan Ho nya ditolak.ma dalam keluarga diharapkan dapat memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar siswa terutama dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam, karena bagi anak keluarga merupakan tempat pendidikan yang pertama dan utama sebagai foundamen (dasar) pegangan mereka pada masa yang akan datang, dapat membantu putera puterinya belajar di rumah, khususnya mata pelajaran pendidikan agama Islam. Adapun hipotesis yang diajukan "Terdapat pengaruh yang positif antara pendidikan agama dalam keluarga dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama Islam". Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Untuk memperoleh datanya penulis menggunakan tekhnik observasi, wawancara, dan angket. Sedangkan analisis datanya penulis menggunakan analisis statistik. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa pendidikan agama dalam keluarga di SD Negeri 2 Kalapasawit dengan nilai mean/rataan 79,375 tergolong sangat tinggi dan prestasi belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama Islam diperoleh mean/rataan sebesar 81,25 juga tergolong sangat tinggi. Pendidikan agama dalam keluarga meningkatkan prestasi belajar siswa mencapai 44,89%. Berdasarkan hipotesis parametrik ternyata thitung sebesar 5,58 dan tabel sebesar 1,68, dengan demikian thitung trabel = 5,58 1,68 maka hipotesis dapat diterima. Jadi pendidikan agama dalam keluarga pengaruhnya tinggi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 27 Oct 2023 10:17
Last Modified: 27 Oct 2023 10:17
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/505

Actions (login required)

View Item
View Item