PENGARUH BELAJAR SECARA OTODIDAK TERHADAP PERKEMBANGAN PENGETAHUAN SANTRI TENTANG INFORMASI GLOBAL

Tamamala, Sofyan (2005) PENGARUH BELAJAR SECARA OTODIDAK TERHADAP PERKEMBANGAN PENGETAHUAN SANTRI TENTANG INFORMASI GLOBAL. Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (45kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (74kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (511kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (45kB)

Abstract

ABSTRAKSI. SOFYAN TAMAMALA: PENGARUH BELAJAR SECARA OTODIDAK TERHADAP PERKEMBANGAN PENGETAHUAN SANTRI TENTANG INFORMASI GLOBAL. Perkembangan pengetahuan merupakan salah satu akibat dari kegiatan belajar yang mana perkembangan itu lebih mengarah pada perkembangan pola pikir secara ilmiah yang berdasarkan pada aturan-aturan seperti menggunakan cara atau metode, saling berkaitan antara satu unsur dengan unsur lain secara rasional, serta berpikir obyektif. Belajar secara Otodidak adalah sisi lain dari kegiatan belajar untuk meningkatkan pengetahuan. Belajar secara Otodidak adalah belajar sendiri terutama dalam hal membaca, karena dengan membaca pengetahuan kita akan bertambah dan meningkat. Apalagi dalamera globalisasi ini, informasi selalu berubah-ubahdalam hitungan menit sesuai dengan perkembangan situasi dan kondisi, sekali pun kita berada di Pondok Pesantren tidak menutup kemungkinan untuk mengejar arus informasi-informasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh belajar secara otodidak terhadap perkembangan pengetahuan santri. Oleh sebab itu, hipotesis yang diajukan adalah perkembangan pengetahuan santri bisa didapatkan melalui belajar secara otodidak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis, sedangkan tehnik perolehan data yang dipakai adalah wawancara, observasi dan angket. Dari hasil pengolahan data diperoleh kesimpulan bahwa belajar secara otodidak menunjukkan presentase cukup tinggi, hal ini terlihat dari nilai yang diperoleh (44,56). Dan perkembangan pengetahuan santri tentang informasi global menunjukkan nilai yang cukup tinggi, hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai (43,03), sedangkan koefisien korolasi antara kedua variabel (X dan Y) memperoleh nilai (0,90), hasil ini menunjukkan bahwa antara belajar secara otodidak dengan perkembangan pengetahuan santri tentang informasi global mempunyai hubungan yang signifikan dengan tingkat hubungan sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 29 Oct 2023 09:53
Last Modified: 29 Oct 2023 09:53
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/511

Actions (login required)

View Item
View Item