HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN MEREKA (Penelitian di Kelas V SD Negeri 3 Sukasari Desa Sukasari Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis)

Aripin, Yosep (2009) HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN MEREKA (Penelitian di Kelas V SD Negeri 3 Sukasari Desa Sukasari Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (47kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (324kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (125kB)

Abstract

ABSTRAK. YOSEP ARIPIN: HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN MEREKA (Penelitian di Kelas V SD Negeri 3 Sukasari Desa Sukasari Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis). Prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam, betapapun kecilnya dapat diharapkan mempengaruhi terhadap perilaku keagamaan mereka. Siswa yang mempunyai prestasi belajarnya tinggi dalam mata pelajaran pendidikan agama islam, maka mereka akan memiliki perilaku keagamaan yang baik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam terhadap perilaku keagamaan mereka dan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam terhadap perilaku keagamaan mereka di SD Negeri 3 Sukasari Desa Sukasari Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis. Hipotesisnya adalah semakin tinggi prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam maka semakin baik pula perilaku keagamaan mereka, sebaliknya semakin rendah prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam maka semakin tidak baik perilaku keagamaan mereka. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif, dengan teknik penelitian observasi, wawancara, dan angket. Setelah data dikumpulkan, kemudian diolah, diperiksa dan dianalisis dengan menggunakan analisis stastistik pengukuran skala rank spearman (rs). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai median variabel (X) pretasi belajar belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam yaitu berada pada klasifikasi cukup tinggi dan untuk variabel (Y) perilaku keagamaan mereka sebesar 66,3 yaitu berada pada klasifikasi cukup baik serta berdasarkan uji korelasi rank, spearman (rs) diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,93 berada pada klasifikasi sangat tinggi, sedangkan berdasarkan uji hipotesis pada taraf signifikan 0,05 diperoleh t hitung sebesar 5,30 lebih besar dari t tabel = 1,701 hal ini menunjukan bahwa hipotesis yang diajukan dapat diterima, dalam arti terdapat hubungan positif signifikan yang tinggi antara prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam dengan perilaku keagamaan mereka di SD Negeri 3 Sukasari Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 01 Nov 2023 01:45
Last Modified: 01 Nov 2023 01:45
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/518

Actions (login required)

View Item
View Item