PERANAN GURU DALAM MENGIDENTIFIKASI POTENSI PESERTA DIDIK (Analisis Teoretis Berdasarkan Pendekatan Ilmu Pendidikan)

Asdulloh, Asdulloh (2006) PERANAN GURU DALAM MENGIDENTIFIKASI POTENSI PESERTA DIDIK (Analisis Teoretis Berdasarkan Pendekatan Ilmu Pendidikan). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (37kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (72kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (417kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (99kB)

Abstract

ABSTRAK. Asadulloh: Peranan Guru Dalam Mengidentifikasi Potensi Peserta Didik (Analisis Teoretis Berdasarkan Pendekatan Ilmu Pendidikan). Harus Peserta didik adalah pribadi yang mempunyai potensi yang dikembangkan. Implikasi dari hal ini adalah guru harus dapat mengidentifikasi potensi peserta didik sebelum melaksanakan pembelajaran. Permasalahan yang muncul seiring dengan tuntutan tersebut adalah bagaimana cara mengidentifikasi potensi peserta didik, bagaimana pemanfaatan hasilnya dalam proses pembelajaran. Pembahasan dalam skripsi ini berupaya memberikan jawaban mengenai permasalahan tersebut dengan memfokuskan permasalahan pada peranan guru dalam mengidentifikasi potensi peserta didik dan memanfaatkan ilmu pendidikan sebagai alat analisisnya. Penelilian dilakukan dengan menggunakan conten analysis, yakni suatu penelitian dengan mengkaji kandungan dari beberapa literatur yang membahas permasalahan peran guru, potensi peserta didik, dan peran guru dalam mendeteksi potensi peserta didik serta pemanfaatannya dalam pembelajaran. Potensi peserta didik dapat dilihat dari bakat dan kemampuan-kemapuan yang ia miliki. Kemampuan manusia umumnya dikelompokkan pada kemampuan intelektual umum, kemampuan akademik khusus, kemampuan berfikir kreatif produktif, kemampuan memimpin, kemampuan seni, kemampuan keterampilan, dan kemampuan emosi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa peran guru dalam mengidentifikasi potensi peserta didik meliputi mendata potensi, menganalisis potensi, merekap potensi, mengembangkan potensi, dan memanfaatkan hasilnya dalam proses pembelajaran. Pemanfaatan dalam proses pembelajaran meliputi pembinaan minat dan bakat, bimbingan penyuluhan dan bimbingan karier, serta memupuk motivasi untuk meningkatkan prestasi akademik para siswa. Dilihat dari tugas guru, pemanfaatannya dapat dikembangkan untuk penyusunan Perencanaan pembelajaran; Proses pembelajaran; Evaluasi Belajar dan Bimbingan Karier.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 01 Nov 2023 02:44
Last Modified: 01 Nov 2023 02:44
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/522

Actions (login required)

View Item
View Item