Kendala yang Dihadapi Wali Kelas dalam Meningkatkan disiplin Belajar Siswa dan usaha Penanggulangannya

Cahyati, Titi (2001) Kendala yang Dihadapi Wali Kelas dalam Meningkatkan disiplin Belajar Siswa dan usaha Penanggulangannya. Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (44kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (71kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (337kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (22kB)

Abstract

ABSTRAK: Titi Cahyati. Kendala yang Dihadapi Wali Kelas dalam Meningkatkan disiplin Belajar Siswa dan usaha Penanggulangannya. Tugas dan tanggung jawab guru tidak terbatas oleh dinding-dinding tembok ruang kelas. Tetapi meliputi pula disiplin siswa selama berada di lingkungan sekolah/ madrasah. Di setiap sekolah, umumnya ditunjuk wali kelas sebagai orang yang paling bertanggung jawab terhadap kedisiplinan kelas. Namun demikian, dengan banyaknya faktor yang turut mempengaruhi kedisiplinan siswa maka dalam melaksanakan tugasnya sebagai wali kelas umumnya mereka mengalami kendala- kendala yang berusaha untuk menanggulanginya. Permasalahannya sekarang, kendala apakah yang dialami oleh wali kelas di MTsN Banjarangsana dalam upayanya meningkatkan disiplin siswa?. Masalah itulah yang dijadikan pokok penelitian ini. Sejalan dengan permasalahannya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala- kendala yang dihadapi wali kelas dalam upayanya mendisiplinkan siswa dalam belajar. Diupayakan pula untuk mengetahui kesesuaian atau ketidaksesuaiannya kendala yang dihadapi dengan upaya penanggulangannya. Penelitian ini bertitik tolak dari kerangka pemikiran bahwa untuk melakukan suatu aktivitas, tidak lepas dari kendala yang dihadapi. Setiap manusia akan berusaha untuk menanggulangi kendala-kendala yang merintangi jalan usahanya. Dengan demikian, maka guru wali kelas tentu mengalami kendala dan akan berusaha menanggulangi sesuai dengan jalan pikirannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sedangkan tekhnik penentuan sampel dilakukan dengan snowball sampling. Dalam hal ini penulis memaparkan peristiwa-peristiwa, hasil wawancara, dan hasil pengamatan selama mengadakan penelitian. Data yang terkumpul berupa data kualitatif, sehingga analisisnya menggunakan pendekatan analisis kualitatif dengan menggunakan format baru. Dalam hal ini digunakan penalaran / logika sebagai alat analisisnya. Hasil analisis data menunjukan bahwa kendala yang dihadapi wali kelas dalam meningkatkan disiplin belajar siswa antara lain datang dari guru wali kelasnya sendiri., dari guru, dari siswa, dan dari lingkungan sekolah. Usaha wali kelas dalam menanggulangi kendala-kendala sebagaimana disebutkan tadi, antara lain melibatkan usaha mengumpulkan guru untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan kedisiplinan siswa. Mengadakan pengarahan kepada siswa, dan meminta bantuan orang tua agar memperhatikan anak-anaknya selama berada di luar sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 16 Jan 2024 06:55
Last Modified: 16 Jan 2024 06:55
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/647

Actions (login required)

View Item
View Item