PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAQ ANTARA SISWA YANG TINGGAL DIPESANTREN DENGAN YANG TIDAK TINGGAL DI PESANTREN (Studi di MTS. N. 3 Cibatu)

Hidayat, Syarif (2001) PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAQ ANTARA SISWA YANG TINGGAL DIPESANTREN DENGAN YANG TIDAK TINGGAL DI PESANTREN (Studi di MTS. N. 3 Cibatu). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (48kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (70kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (350kB)

Abstract

ABSTRAK. PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAQ ANTARA SISWA YANG TINGGAL DIPESANTREN DENGAN YANG TIDAK TINGGAL DI PESANTREN (Studi di MTS. N. 3 Cibatu). Prestasi belajar siswa dalam suatu Bidang Studi dapat pula dipengaruhi oleh paktor lingkungan, lingkungan yang menunjang dapat pula membuat prestasi siswa lebih baik dan sebaliknya. Hal ini berdasarkan pada sebuah anggapan bahwa semakin baik lingkungan yang didiami siswa semakin baik pula prestasi belajar siswa. Adapun penelitian ini adalah untuk mengetauhi adanya perbedaan prestasi belajar dalam bidang studi Aqidah Akhlaq antara siswa yang tinggal di pesantren dengan yang tidak tinggal di pesantren. Sedangkan hipotesis yang diajukan adanya perbedaan yang signipikan dalam prestasi belajar bidang studi Aqidah Akhlaq antara siswa yang tinggal di pesantren dengan yang tidak tinggal di pesantren, untuk siswa MTs. N. 3 Cibatu. Dalam penelitian ini digunakan metode komperative (konperasi) karena membandingkan dua hal dalam satu masalah, yaitu prestasi belajar bidang studi Aqidah Akhlaq untuk siswa yang tinggal di pesantren dengan siswa yang tidak tinggal di pesantren, adapun teknik yang digunakan dalam pengambilan data adalah dengan angket, wawancara, dan observasi, dari hasil penelitian kemudian diolah dengan menggunakan statistik Comperative (mean, median, modus) dari uji hipotesisnya dengan menggunakan Chi Kuadrat. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang berarti antara prestasi belajar bidang studi Aqidah Akhlaq bagi siswa yang tinggal di pesantren dengan prestasi belajar bidang studi Aqidah Akhlaq bagi siswa yang tidak tinggal di pesantren. Prestasi belajar bidang studi Aqidah Akhlaq bagi siswa MTs.N.3 Cibatu yang tinggal di pesantren mendapat rata-rata 3.57 dengan kualifikasi tinggi, sedangkan prestasi belajar bidang studi Aqidah Akhlaq bagi siswa yang tidak tinggal dipesantren mendapat rata-rata 3,42 dengan kualifikasi cukup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ijal saepurrijal saepurrijal
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:17
Last Modified: 18 Jan 2024 04:17
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/653

Actions (login required)

View Item
View Item