Wahyudin, Aceng Wandi and Wartika, Rika (2022) Pelatihan Parenting mengenai Al-Umm Madrasatul Ula di Taam Al- Hikmah Desa Kertamukti Kecamatan Ciawi Tasikmalaya. Perpustakaan. pp. 1-22.
Jurnal_Rika-Pelatihan Parenting mengenai Al Umm Madrasatul Ula.pdf - Other
Download (1MB)
Abstract
Parenting merupakan capaian yang harus dikembangkan dalam rangka memperdalam pengetahuan orang tua dalam membimbing dan mengasuh anak untuk mempersiapkan masyarakat yang bertanggung jawab dan berkepribadian baik di masa yang akan datang sebagai generasi emas. Ibu memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan anak. Sehingga seorang ibu harus menjadi orang yang pandai untuk dapat mendidik anak-anaknya sesuai kebutuhan. Dengan melihat profesi dan latar belakang para orang tua di desa kertamukti yang kebanyakan adalah seorang ibu rumah tangga dan petani, maka penulis melakukan kegiatan pengabdian berupa Pelatihan Parenting mengenai Al-Umm Madrasatul Ula di Taam Al-Hikmah Desa Kertamukti Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya. Tujuan dari kegaiatan pengabdian masyarakat ini ialah untuk memberikan pemahamam mengenai Al umm madrasatul ula dimana pentingnya peran ibu dalam tumbuh kembang anak. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini menggunakan metode dalam bentuk seminar, tanya jawab dan Sharing Season mengenai masalah pola asuh dan tumbuh kembang anak. Hasil dari kegiatan ini adalah terlaksananya parenting bagi orang tua anak usia dini dalam pola asuh yang baik sesuai dengan kebutuhan tumbuh kembang anak, serta adanya perubahan terhadap kualitas pengasuhan yang ditunjukkan oleh orang tua. Terutama dalam penggunaan bahasa positif dalam interaksi anak dan orang tua.
Kata kunci: Parenting, Al Umm, Madrasatul Ula
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 28 May 2022 02:13 |
Last Modified: | 28 May 2022 02:13 |
URI: | http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/105 |