PENGARUH PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA TOKO KELONTONG DI DESA KARYAMUKTI (Penelitian Di Desa Karyamukti, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut)

Agustina, Ina (2022) PENGARUH PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA TOKO KELONTONG DI DESA KARYAMUKTI (Penelitian Di Desa Karyamukti, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of ABSTRAK ok.pdf] Text
ABSTRAK ok.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (769kB)
[thumbnail of BAB I-5 Skripsi sidang Ina.pdf] Text
BAB I-5 Skripsi sidang Ina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB)

Abstract

ABSTRAK
Ina Agustina (2022): “Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Kelontong Di Desa Karyamukti.

Penelitian ini terdapat beberapa pelaku bisnis yang mengabaikan etika dalam menjalankan bisnisnya. Perilaku pedagang kelontong yang menyimpang antara lain: Perbedaan harga yang ditawarkan toko kelontong, pedagang kelontong tidak bersikap murah hati, terlalu tinggi harga yang ditawarkan dan ada yang menjual dengan harga yang sangat rendah.

Tujuan penelitian ini untuk Mengetahui Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Toko kelontong Di Desa Karyamukti, mengetahui Kepuasan Konsumen Pada Toko Kelontong Di Desa Karyamukti, dan mengetahui Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Kelontong Di Desa Karyamukti.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif pendekatan deskriptif yaitu metode survei. Sumber data primer dan data sekunder, populasinya, konsumen yang berbelanja di toko kelontong sebanyak 50 responden, sampel penelitian ini menggunakan (qouta sampling). Subjek penelitiannya seluruh konsumen yang berbelanja di toko kelontong sedangkan objek penelitiannya adalah pengaruh penerapan etika bisnis Islam terhadap kepuasan konsumen.

Etika Bisnis Islam yaitu landasan normatif yang bersumber dari ajaran Islam yaitu Al-Qur’an dan As-Sunnah Nabi Muhammad SAW, sebagai acuan bagi para pelaku bisnis untuk menjalankan bisnis secara alami. Kepuasan Konsumen yaitu hasil penilaian pelanggan terhadap apa yang diharapkan dengan membeli dan mengkonsumsi suatu produk.

Hasil penelitian, diketahui bahwa penerapan etika bisnis Islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dibuktikan pengujian regresi linear sederhana terdapat kedua variabel diperoleh siginifikansi 0.000< 0.05, diketahui nilai fhitung 14.488 > ftabel 4.04 maka Ha diterima dan Ho di tolak. Hasil nilai thitung > dari ttabel (3.806 > 2.010) dengan signifikansinya (0.000<0,05). Maka : H0 ditolak dan Ha diterima (berpengaruh positif dan signifikan). Penerapan etika bisnis Islam pada toko kelontong yaitu belum berpengaruh. Pengaruh kepuasan konsumen ditoko kelontong yaitu sangat puas. Pengaruh penerapan etika bisnis islam terhadap kepuasan konsumen pada toko kelontong di Desa Karyamukti yaitu berpengaruh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Ekonomi Syariah > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 07 Sep 2022 06:37
Last Modified: 07 Sep 2022 06:37
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/113

Actions (login required)

View Item
View Item