PERHITUNGAN TARIF TELEPON SELULAR DALAM KAJIAN HUKUM ISLAM BERDASRKAN KAIDAH-KAIDAH MUAMALAH

Nanang, Nanang (2008) PERHITUNGAN TARIF TELEPON SELULAR DALAM KAJIAN HUKUM ISLAM BERDASRKAN KAIDAH-KAIDAH MUAMALAH. Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf - Cover Image

Download (36kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf - Other

Download (122kB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf - Published Version

Download (998kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf - Bibliography

Download (90kB)

Abstract

Manusia sebagai mahkluk yang telah diberikan kelebihan oleh alloh dibanding mahkluk lainnya berupa akal pikiran.allah menjadikan manusia sebagai khalifah dimuka bumi,manusi amenggunakan akal pikirannya untuk berkreasi maupun mencipta untuk memenuhi kebutuhan hidupnya,baik kebutuhan primer,sekunder,maupun kebutuhan luxsnya.jual beli (berdagang)adalah salah-satu kegiatan yang dilakukan oleh manusia dalam upaya memenuhi kebutuhan itu.dan sangat dianjurkan oleh agama.namun ada kalanya manusia lalai dalam memperhatikan etika dan aturan dalam menjalankannya, misalnya dalam kegiatan mempromosikan,mengabaikan etika dan aturan ekonomi terlebih lagi di tinaju dari sisi hukum islam.
Etika pemasaran merupakan landasan moral atau ahlak yang menjadikan bisnis itu sendiri memiliki nilai pahala disisi allah swt.Kegiatan ekonomi seperti ini jelas memberikan manfaat yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak baik keuntungan yang bersipat duniawi maupun keuntungan ukhrowi.Untuk itulah diperlukan satu kegiatan penelitian ilmiah tentang prosesi pemasaran produk atau jasa para pelaku bisnis yamg ada didalam Indonersia dalam hal ini para pelaku bisnis selular yang sedang marak-maraknya dalam melakukan kegiatan promosi "Tarif murah" ditinjau dari hukum islam berdasarkan kaidah-kaidah muamalah.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana islam memandang fenomena "Perang tarif" serta sitem petrhitungan tarif telepon selular yang diterapkan para operator selular khususnya di PT.xcelkomindo pratama berdasarkan kaidah-kaidah muamalah.
Dalam melakukan ini penulis menggunakan metode penelitian field research (riset lapangan) dan book survei (sumber pustaka), artinya selain menjadikan buku-buku yang mengandung sumber hukum serta kaidah-kaidah hukum islam, penulis juga melakukan kegiatan riset lapangan untuk mengumpulkan data primer sebagai bahan dalam melakukan penelitian kemudia data tersebut di analisa untuk dijadikan objek kajian penyusunan skripsi adapun ciri-ciri dari metode ini adalah memusatkan perhatian pada pemecahan masalah-masalah yang ada dengan menyandarkan pada dan kaidah-kaidah hukum islam.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah perhitungan tarif telepon selular yang ada di PT.Xelkomindo pratama dengan segala bentuk promosi atau iklan-iklannya melalui media elektronik,dalam upaya menjaring pelanggan yang cenderung saling menjatuhkan sesama operator kompetisi yang tidak sehat dan adanya ketidak seuaian antara negara iklan dengan kenyataan, maka ditinjau dari sudut pandang hukum islam kegiatan seperti digambarkan diatas bertentangan dengan prinsip-prinsip ekonomi islam meskipun pada dasarnya kegiatan jual beli itu halal atau diperbolehkah oleh agama, hanya saja tindakan-tindakan yang melanggar etika serta kaidah-kaidah muamalah menjadikan hukum sesuatu itu dapat berunah menjadi tidak boleh atau tidak dibenarkan dalam islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Ekonomi Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 28 Mar 2023 02:13
Last Modified: 28 Mar 2023 02:13
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/140

Actions (login required)

View Item
View Item