Mardiyah, Sa'adatul Elsa (2022) PENGARUH PRICE DISCOUNT TERHADAP IMPULSE BUYING DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (penelitian pengguna e-commerce shope mahasiswa IAILM suryalaya-tasikmalaya). Diploma thesis, Institut agama islam latifah mubarokiyah.
cover.pdf - Cover Image
Download (49kB)
abstrak.pdf - Other
Download (75kB)
bab 1.pdf - Published Version
Download (836kB)
daptar pusaka.pdf - Bibliography
Download (368kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan teknologi informasi di era digitalisasi yang menyuguhkan perdagangan secara elektronik yang disebut E-commerce. Dengan hadirnya E-commerce ini menjadi salah satu faktor yang menstimulus pergeseran fungsi dari kegiatan pembelanjaan, idealnya konsumen berbelanja untuk memenuhi kebutuhan namun dewasa ini konsumen berbelanja untuk memenuhi hasrat/keinginan dan kepuasan dirinya serta telah menjadi gaya hidup yang dinormalisasikan
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) konsep price discount impluse buying, (2) price discount dan impluse buying dalam perspektif ekonomi islam dan (3) untuk mengetahui pengaruh price discount terhadap impluse buying pada pengguna E-commerce shopee mahasiswa IAILM suryalaya
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa institut agama islam latifah mubarokiyah (IAILM) suryalaya repondennya. Teknik pengambilan sampel memakai purposive sampling dengan menggunakan teori suharsimi arikunto. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan kuesioner. Metode analisis data dengan uji instrument menggunakan uji validitas dan reliabilita. Sedangkan analisis data memakai uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis menggunkan analisis regresi sederhana, uji parsial (uji t), uji simultan (uji F) dan uji koefisien determinasi (R2).
Hasil dari pengujian hipotesis dalam penelitian ini ditunjukan nilai thitung >t tabel 9,693 >1,672, sehingga dapat disimpulkan bahwa ini variabel Price Discount berpengaruh signifikan terhadap Impluse Buying. Dan hasil perhitungan koefisien determinasi (R2) diketahui nilai Adjusted R Square sebesar 0,632.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan variabel Price Discount secara keseluruhan memberikan pengaruh sebesar 63,2% terhadap impulse bulying. Sedangkan sisanya sebesar 36,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) K Law > KD England and Wales |
Divisions: | Ekonomi Syariah > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 30 Mar 2023 05:25 |
Last Modified: | 30 Mar 2023 05:25 |
URI: | http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/189 |