STRATEGI PEMASARAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK PADA PT.KARYA MNDIRI SEMPURNA KOTA BEKASI

parid, miptah (2021) STRATEGI PEMASARAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK PADA PT.KARYA MNDIRI SEMPURNA KOTA BEKASI. Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf - Cover Image

Download (57kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf - Other

Download (120kB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Tujuan utama sebuah perusahaan ialah pencapaian fropit (laba) dan hal ini dapat juga sebagai tolak ukur dalam sukses atau tidaknya sebuah perusahaan dalam pencapaian tujuannya. Semua barang produksi yang ada di PT.Karya mandiri sempurna memiliki kualitas sesuai merk serta harga yang berbanding luru s dengan barang kualitas yang dia dapat. Mereka transparan dengan barang yang mereka jual, jika kualitasnya buruk mereka akan katakan itu buruk, sebaliknya juga kualitasnya bagus mereka juga akaan katakan juga itu bagus. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep pemasaran menurut sudut pandang kajian ekonomi islam, bagaimana strategi pemasaran islami di PT. Karya mandiri sempurna dalam meningkatkan penjualan, bagaimana analisa kelebihan dan kekurangan penerapan strategi pemasaran islami PT. Karya mandiri sempurna. Penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis penelitian ini adalah penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Dalam penelitian ini sumber data primer berupa kata-kata diperoleh dari wawancara dengan para informan yang telah ditentukan yang meliputi berbagai hal yang berkaitan dengan pelaksanaan pola, strategi, mekanisme, atau metode manajemen pemasaran berbasis islami dalam meningkatkan pendapata perusahaan PT. Karya mandiri sempurna hasil penelitian menunjukan bahwa konsep pemasaran dalam sudut pandang ekonomi islam merupakan strategi bisnis yang mengarahkan proses penciptaan, penawaran, dan perubahan nilai dari seorang pelaku bisnis kepada pelanggan (konsumen). Kegiatan pemasar harus dilandasi dengan nilai-nilai islami yang dijiwai oleh semangat ibadah kepada allah dan berusaha semaksimal mungkin kesejahteraan bersama. Menurut prinsip syariaah, kegiatan pemasaran harus dilandasi semangat beribadah kepada tuhan sang maha pencipta., berusaha semaksimal mungkin untuk kesejahteraan bersama, bukan untukn kepentingan golongan apalagi kepentingan sendiri. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Karya mandiri sempurna telah menerapkan karakteristik pemasaran islami yang terdiri dari: pertama,ketuhanan;kedua,etis (akhlak);ketiga, realitis, keempat,humanistis. Strategi pemasaran PT. Karya mandiri sempurna sangat mengendapkan adanya konsep rahmat dan ridha. baik dari penjual pembeli. etika pemasaran dalam hubungannya dengan produk yaitu halal dan thayyib , produk yang berguna dan dibutuhkan, produk yang berpotensi ekonomi, produk yang bernilai tambah yang tinggi, dan produk yang dapat memuaskan masyarakat. PT. Karya mandiri sempurna telah menerapkan praktik pemasaran nabi muhammad SAW yaitu shiddiq ,amanah,fatanah,dan tabligh. Sehingga tanpa merugikan dan berlaku curang terhadap konsumen ataupun pihak pesaing. Adapun faktor kelebihan pemasaran PT. karya mandiri sempurna adalah kemudahan dalam akses penjualan dan pembelian barang berada ditengah pusat perbelanjaan sehingga semakin mudah membuat akses bisnis dan menjual produk dengan desain yang sangat menarik bagi npara konsumen. sementara faktor kelemahan stategi pemasarannya adalah menyediakan produk yang minim, kurang adanya potongan harga atau diskon konsumen, dan tidak membuka untuk peluang sebagai agen reseller.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Ekonomi Syariah > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 14 Apr 2023 04:14
Last Modified: 14 Apr 2023 04:14
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/291

Actions (login required)

View Item
View Item