Setiawan, Hendra (2008) IMPLEMENTASI NILAI- NILAI TASAWUF MENURUT IMAM AL- GHOZALI DALAM PROSES PENDIDIKAN ISLAM. Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.
cover.pdf - Cover Image
Download (57kB)
Abstrak.pdf - Published Version
Download (97kB)
Bab I.pdf - Published Version
Download (316kB)
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography
Download (107kB)
Abstract
Tasawuf merupakan fenomena tersendiri dalam kehidupan sebagian umat islam yang dalam rangka aplikasinya melibatkan proses pelatihan dalam merealisasikan maqam- maqam untuk mencapai posisi kesempurnaan paripurna rohani yang diukur dengan rasa. Dipihak lain pendidikan islam secara aplikatif paling tidak melibatkan proses pengajaran, bimbingan dan latihan sehingga peserta didik meyakini bahwa islam adalah satu- satunya jalan hidup bagi dirinya yang pada akhirnya meraih kebahagiaan dunia akhirat.
Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa tasawuf ada relevansinya dengan pendidikan islam baik dari segi proses atau dari segi materi pendidikan yang tidak melibatkan kondisi supra logis dipandang perlu dikembangkan dan diajarkan dalam rangka pendidikan islam untuk membentuk pribadi muslim yang memiliki imta, iptek dan akhlakulkarimah dengan wawasan kesalehan yang sempurna.
Metode yang digunakan adalah book Surval dan kualitatif. Berdasarkan hal itu dapat diambil kesimpulan bahwa ajaran tasawuf secara aplikatif melibatkan aktifitas yang paling tidak terdiri atas pengajaran atau riyadoh menurut istilah tasawuf sementara dilihat dari segi kondisi yang bukan supra logis tasawuf dapat berdampingan dengan pendidikan islam untuk merealisasikan tujuan pendidikan agama islam dan insan saleh yang paripurna.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 04:37 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 04:37 |
URI: | http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/416 |