Hidayat, Sarif (2007) EFEKTIVITAS PENGAJIAN KITAB KLASIK DI PESANTREN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH (Penelitian di Madrasah Aliyah YPK Cijulang). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.
Cover.pdf - Cover Image
Download (45kB)
Abstrak.pdf - Published Version
Download (91kB)
Bab I.pdf - Published Version
Download (856kB)
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography
Download (149kB)
Abstract
Madrasah Aliyah adalah suatu lembaga pendidikan formal, mempunyai kurikulum yang sesuai dengan sekolah umum (SMU) tetapi mata pelajaran agamanya lebih banyak. Bisa dikatakan bahwa madrasah lebih islami.Berdasarkan teori tranfer, siswa madrasah yang mengikuti pengajian secara efektif di pesantren akan berprestasi pada mata kuliah yang berkesesuaian diantaranya pada mata kuliah fiqih. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentng gambaran empirik tentang efektivitas pengajian kitab klasik di pesantren pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MA YPK Cijulang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskritif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, opbservasi, penyebaran angket, dan studi literatur. Analisinya menggunakan menggunakan pendekatan statistika parametik. Dari hasil penelitian penulis mengambil suatu kesimpulan bahwa efektivitas pengajian kitab klasik yang dilaksanakan sisw MA Cijulang di pesantren adalah tergolong cukup. Terlihat dari nilai rata- rata angket yang disebar sebesar 70,8. Prestasi belajar fiqih siswa dikategorikan cukup baik dilihat dari nilai fiqih mereka berkisar anatara 60-80.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 03:17 |
Last Modified: | 22 Aug 2023 03:17 |
URI: | http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/424 |