Pengaruh Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik (Penelitian di SMP NU Girimukti Malausma Kabupaten Majalengka)

Permadi, Rendi Adi (2022) Pengaruh Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik (Penelitian di SMP NU Girimukti Malausma Kabupaten Majalengka). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf - Other

Download (111kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (641kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (249kB)
[thumbnail of cover.jpg]
Preview
Image
cover.jpg - Cover Image

Download (3MB) | Preview

Abstract

Rendi Adi Permadi: Pengaruh Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik (Penelitian di SMP NU Girimukti Malausma Kabupaten Majalengka)

Guru kreatif akan dapat menangkap peluang yang ada, dan selalu saja ada ide-ide segar yang membuatnya menemukan sistem pembelajaran dengan berbagai model. Seorang guru dapat dikatakan kreatif apabila memenuhi kriteria sebagai berikut: (1) Menciptakan Ide Baru; (2) Tampil Beda; (3) Fleksibel; (4) Mudah Bergaul; (5) Menyenangkan; (6) Senang melakukan eksperimen; (7) Cekatan. Kreativitas guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam diharapkan mampu meningkatkan motivasi peserta didik. Motivasi peserta didik dapat diklasifikasikan sebagai berikut: 1) adanya hasrat dan keinginan berhasil; 2) adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar 3) adanya harapan dan cita-cita masa depan 4) adanya penghargaan dalam belajar 5) adanya kegiatan yang menarik dalam belajar 6) adanya lingkungan belajar yang kondusif sehingga memungkinkan seseorang siswa dapat belajar dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dan motivasi peserta didik SMP NU Girimukti Malausma Kabupaten Majalengka serta bagaimana pengaruhnya.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 191 peserta didik dengan sampel sebanyak 29 responden, pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data kuantitatif diselesaikan melalui pengolahan data deskriptif dengan koreksi rank spearman r3.

Berdasarkan hasil pengolahan data kreativitas guru Pendidikan Agama Islam sudah baik dengan perolehan data-data hitung 64, berada pada interval 64 dan 66 dengan kategori baik. Motivasi belajar peserta didik berada pada kategori cukup (moderate) dengan perolehan rata-rata hitung 61 berada pada interval 60 dan 62 dengan kategori cukup. Kreativitas guru Pendidikan Agama Islam cukup berpengaruh terhadap motivasi peserta didik SMP NU Girimukti Malausma Kabupaten Majalengka, dengan pengaruh yang positif serta signifikan, dibuktikan dengan nilai rs sebesar 0,53 berada pada interval 0,41 - 0,60 serta hasil dari perhitungan t hitung dengan t 3,233 > t tabel 2,025 maka Ha diterima H0 ditolak. Kreativitas guru Pendidikan Agama Islam mempengaruhi motivasi belajar peserta didik SMP NU Girimukti Malausma Kabupaten Majalengka sebesar 28,5% sisanya 71,5% ditentukan oleh faktor lain diluar penelitian ini.

Disarankan bagi guru Pendidikan Agama Islam di SMP NU Girimukti untuk memberikan selera humor saat pembelajaran berlangsung. Disarankan bagi peserta didik untuk memiliki keinginan dan kemauan dalam menguasai serta menyelesaikan setiap materi ajar serta berusaha untuk belajar dan mendapatkan nilai tertinggi ketika evaluasi.

Kata Kunci: Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam, Motivasi Belajar Peserta Didik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: iqbal Iqbal Taufikurrahman
Date Deposited: 04 Oct 2023 09:24
Last Modified: 04 Oct 2023 09:24
URI: http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/439

Actions (login required)

View Item
View Item