Otham, Moch. Taufiq (1999) PERAN GURU AGAMA SEBAGAI MOTIVATOR HUBUNGANNYA DENGAN EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian di SLTP Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.
Cover.pdf - Cover Image
Download (44kB)
Abstrak.pdf - Published Version
Download (81kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (283kB)
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography
Download (38kB)
Abstract
ABSTRAK: Moch Taufiq Othman. PERAN GURU AGAMA SEBAGAI MOTIVATOR HUBUNGANNYA DENGAN EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian di SLTP Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya). Dalam proses belajar-mengejar guru tidak terbatas sebagai penyampai ilmu pengetahuan akan tetapi lebih dari itu bertanggung jawab akan keseluruhan perkembangan kepri- badian siswa. Ia harus mempu menciptakan proses belajar mengajer sedemikian rupa sehingga dapat merangsang siswa untuk belajar secara efektif. Di sinilah guru mempunyai peran sebagai motivator belajar bagi para siswanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan peran guru agama sebagai motivator terhadap efektivitas belajar siswa dalam Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SITP Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya. Penelitian ini bertolak dari teori yang menyatakan bahwa dengan adanya motivasi para siswa dapat terdorong untuk belajar secara efektif sehingga dalam diri siswa dapat terjadi perubahan perilaku sesuai dengan tujuan yang diharapkan baik perubahan pada aspek kognitif (pengetahuan), afektif (sikap) den psikomotor (skill/keterampilan). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik angket (kuesioner), wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Sedangkan untuk menganalisis data dipergunakan statistika non parametrik dengan teknik regresi dan korelasi sederhana. Data yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa koefisien korelasi entera peran guru agama sebagai motivator (variabel A) dan efektivitas belajar siswa adalah 0,27. Berdasarkan klasifikasi Guilford angka tersebut
berada di antara angka 0,20 0,40 (rendah). Kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan data tersebut adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara peran guru Agama sebagai motivator dengan efektivitas belajar siswa di SITP Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya dengan koefisien korelasi 0,27 (rendah).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ijal saepurrijal saepurrijal |
Date Deposited: | 15 Oct 2023 09:21 |
Last Modified: | 15 Oct 2023 09:21 |
URI: | http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/446 |