Rohman, Fahmi Abdul (2010) MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA KONSEP HUBUNGAN ANTAR MAHLUK HIDUP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Parakanmanggu Kecamatan Parigi Kabupaten Ciamis). Diploma thesis, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.
Cover.pdf - Cover Image
Download (43kB)
Abstrak.pdf - Published Version
Download (99kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (420kB)
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography
Download (35kB)
Abstract
ABSTRAK: Fahmi Abdul Rohman. MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA KONSEP HUBUNGAN ANTAR MAHLUK HIDUP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Parakanmanggu Kecamatan Parigi Kabupaten Ciamis). Pendidikan yang berkualitas adalah pendidikan yang mampu memberi kondisi dan kesempatan siswa untuk dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya; berpikir ke depan, memiliki kemampuan berfikir, mampu menyikapi permasalahan yang dihadapinya, mampu memahami dirinya dan hidup mandiri bersama masyarakat luas dan mampu menggunakan kemampuannya untuk mengatasai segala permasalahan hidup. Mata pelajaran IPA memainkan peran dalam menyiapkan sumber daya manusia mampu mengembangkan kemampuan berfikir, penyiapan peserta didik menghadapi, penanaman nilai-nilai etika dan estetika, kemampuan memecahan masalah, pengembangan sikap kemandirian, kreatifitas serta tanggung jawab. Namun kenyataan di lapangan, masih ditemukan bahwa pembelajaran IPA kurang memberi paluang pada siswa untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Hal ini mengakibatkan minat siswa untuk mengikuti pembelajaran IPA menjadi rendah. Hal inilah yang mendorong penulis tertarik untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan pemahaman siswa pada konsep hubungan antar mahluk hidup melalui pendekatan cooperative learning di Kelas IV SD Negeri 2 Parakanmanggu Kecamatan Parigi Kabupaten Ciamis) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep hubungan antarmahluk hidup dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning di kelas IV SD Negeri 2 Parakanmanggu. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa: 1) Rencana Penggunaan (RPP) model pembelajaran kooperatif untuk pemahaman tentang hubungan antar makhluk hidup telah sesuai dengan kurikulum (KTSP), tingkat perkembangan siswa, tingkat kedalaman materi ajar, metode dan pendekatan, alat dan sumber belajar, serta alat penilaian, 2) Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran hubungan antar makhluk hidup mampu meningkatkan kinerja guru, dan 3) hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Parakanmanggu tentang hubungan antar makhluk hidup dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif meingkat dari rata-rata siswa yang tuntas pada siklus 1 sebesar 60 % pada siklus 2 menjadi 100%. Nilai rata-rata pada siklus 1 mencapai 58,33 sedangkan pada siklus 2 nilai rata-rata naik menjadi 77,67. Pembelajaran Meningkatkan Diharapkan agar pihak-pihak terkait, melakukan pengembangan proses pembelajaran IPA agar dapat meningkatkan hasil belajar tentang hubungan antarmakhluk hidup di kelas IV sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah/PGMI |
Depositing User: | ijal saepurrijal saepurrijal |
Date Deposited: | 15 Oct 2023 09:52 |
Last Modified: | 15 Oct 2023 09:52 |
URI: | http://repository.iailm.ac.id/id/eprint/450 |